Hallobogor.com, Jakarta – Lembaga riset Counterpoint Research mencatat iPhone XR sebagai ponsel terlaris di kuartal ketiga 2019 secara global.

“Apple juga menyesuaikan harga iPhone XR di China dan beberapa pasar lainnya seperti India, yang membantu permintaan tetap kuat selama kuartal tersebut,” kata analis Counterpoint Research, Varun Mishra, dikutip dari laman NDTV, Jumat (27/12/2019).

iPhone XR juga berkontribusi lebih dari seperempat penjualan total Apple di kuartal ketiga tahun ini sehingga ponsel ini menjadi model yang paling laris dari Apple.



Lembaga tersebut juga melihat iPhone XR sebagai model yang paling laris di seluruh pasar setiap periode sejak kuartal keempat 2018. Sementara iPhone 11, yang baru saja meluncur,masuk ke jajaran 10 besar di kuartal tersebut.

Samsung, sementara itu, menyumbang tiga model dari seri A untuk kuartal ketiga 2019, masing-masing Galaxy A10 di posisi kedua, Galaxy A50 di tempat ketiga dan Galaxy A20 di urutan ketujuh.

Counterpoint menilai kekuatan Samsung terletak pada harga yang terjangkau, spesifikasi mumpuni dan desain yang menarik sehingga memberikan tawaran yang menarik bagi konsumen.

Tidak ada ponsel andalan dari seri Galaxy S maupun Galaxy Note yang masuk ke 10 besar ponsel terlaris kuartal ketiga 2019 dari Counterpoint Research.

Samsung juga bersaing ketat dengan sejumlah merek asal China, OPPO turut menyumbang tiga model ke 10 besar dengan A9, A5s dan A5.

Sementara itu, Xiaomi masuk 10 besar Redmi 7A dan Huawei lewat P30. Counterpoint mencatat India sangat berkontribusi terhadap penjualan total Redmi 7A, lebih dari setengah. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (nat)