Hallobogor.com, Cisarua – Sebanyak 79 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Rawagede RW 06, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, mendadak sumringah. Pada Sabtu (30/9/2017), mereka kedatangan puluhan relawan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM).

Kedatangan IPSM ini tidak dengan tangan kosong. Mereka datang ke Kampung Rawagede yang jauh dari keramaian kota ini untuk memberikan bantuan membagikan pakaian bekas layak pakai dan sembako.

Ketua Umum IPSM Dian Firmansyah, mengatakan, kegiatan sosial tersebut merupakan program kerja IPSM yang diberi nama Sabtu Ngapung alias Ngaprak Kampung. “Kami IPSM Kabupaten Bogor tidak hanya membantu mengevakuasi atau menangani warga yang menderita sakit. Tetapi, kami juga melakukan kerja nyata lain, dengan peduli kepada warga atau pemukiman yang terisolir,” ungkap Dian didampingi Ketua II IPSM, Hendra Gunawan.

Dian mengemukakan, bantuan logistik yang diberikan kepada warga tersebut merupakan hasil dari penggalangan yang dilakukan para kader IPSM. “Tidak sia-sia apa yang didapatkan para anggota kami. Karena penyaluran yang tepat sasaran merupakan langkah kerja yang diterima dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat yang ekonominya kurang mampu,” imbuhnya.

Dalam program Sabtu Ngapung, lanjut Dian, IPSM sudah memiliki data wilayah yang akan disambanginya. Sabtu depan wilayah yang menjadi targetnya adalah pemukiman di Jasinga, Jonggol, Cariu, dan berbagai wilayah per kampungan lainnya.

“IPSM terlahir untuk sosial. Maka dari itu kami tidak akan berhenti untuk menangani masyarakat yang membutuhkan bantuan dengan berbagai program kerja. Dan tidak lupa, dalam melaksanakan berbagai kegiatan IPSM selalu berdampingan dengan unsur pemerintahan hingga langkah kami terkoordinir dengan baik,” pungkas Dian. (dang)