Hallobogor.com, Bogor – Maraknya tindakan pelecehan seksual dan kekerasan terhadap ibu dan anak yang terjadi belakangan ini membuat keprihatinan banyak pihak. Bahkan pemerintah pun menetapkan hukuman kebiri bagi pelakunya.

Bentuk keprihatinan ini juga mendorong Ketua TP PKK, Yanne Bima Arya untuk mendirikan Sekolah Ibu tersebar di kelurahan Kota Bogor.

“Saat ini kita sedang melakukan diskusi dengan semua pihak terkait proses rekrutmen bagi tenaga fasilitator dan juga untuk pelatihan bagi para fasilitator. Alhamdulillah saat ini sudah banyak yang mengajukan diri karena untuk tenaga fasilitator ini terbuka untuk umum,” kata Yanne.

Isteri Walikota Bogor yang memberikan keterangan dihadapan Ketua Tim Rechecking Lomba Kelurahan Provinsi Jawa Barat di Kelurahan Menteng, Senin (13/6/2016), lanjut memgatakan, dari 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor, Sekolah Ibu baru akan dijalankan di 34 Kelurahan.

”Nantinya Sekolah Ibu ini berisi 40 siswa yang terdiri dari para ibu-ibu rumah tangga yang konsisten belajar selama enam bulan dan dilengkapi dengan 15 modul yang salah satunya adalah Modul Ketahanan Keluarga atau yang lazim kita sebut MODEKAR,” terang Yanne.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi para siswa Sekolah Ibu akan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam seminggu dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. ”Jadi hanya dua jam saja para ibu-ibu ini menjalani proses belajar,” ujarnya.

Menurut Yanne, kaum wanita banyak menjadi korban pelecehan seksual dan kekerasan. Hal ini dimungkinkan akibat kurangnya pemahaman atau pendidikan. Sehingga melalui Sekolah Ibu setidaknya bisa menambah wawasan secara umum terkait permasalahan dan fenomena khususnya di Indonesia saat ini.

“Dengan peran ibu yang luar biasa besar, hal ini harus benar-benar dioptimalkan guna mendukung ketahanan keluarga yang secara langsung atau tidak langsung akan memberi dampak positif bagi anak, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Pada gilirannya langkah ini diharap mampu menjadi inspirasi dan memberi efek domino bagi warga Kota Bogor secara umum,” tutup Yanne. (hrs).