IWAN DARMAWAN SE, sosok lelaki berusia 46 tahun ini terbilang unik. Meski berlatar belakang akademik Sarjana Ekonomi, ternyata tidak menjadi rintangan untuk menguasai dunia agribisnis.

Sekitar tujuh tahun lalu Iwan Darmawan bergabung dengan PT. Florion, yakni sebuah perusahaan agribisnis sekaligus eksportir kembang hias ke mancanegara. Sejak itu, bapak dari seorang putri yang bernama Theryna Ladygessy Darmawan ini mampu berperan dalam mengembangkan usaha agribisnis itu dengan pesat.

“Memang kalau dilihat dari latar belakang akademik dengan soal kebun kembang tidak nyambung. Tetapi kalau untuk soal bisnisnya sudah pasti nyambung,” sebut Senior Manager PT Florion, yang juga aktif di Perbakin ini.

Menurut lelaki yang hobi adventure ini, untuk menguasai bisnis agribisnis tentunya bukan sekadar harus fasih ilmu ekonomi, akan tetapi ilmu pertanian pun harus mampu dikuasai. Bila tidak, bakal menjadi kendala untuk memajukan agribisnis.

Selain itu, kata Iwan, tim yang solid akan sangat membantu keberhasilan usaha yang dirintis. “Jadi selain harus mampu menguasai multi ilmu pengetahuan, kita juga harus mendapat dukungan dari team work yang solid. Karena dengan tim yang solid dan saling mendukung, pastinya tujuan kita untuk membangun dan mengembangkan usaha agribisnis ini akan pesat kemajuannya, termasuk bisa terabas rintangan dengan mudah. Begitu juga dengan beragam kegiatan lainnya, termasuk dalam dunia organisasi,” papar Iwan, yang juga menjabat sebagai Bendahara Barisan Relawan Jokowi Presiden (BARA JP) Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut, Iwan Darmawan yang juga pernah beberapa kali memimpin organisasi di dunia perikanan ini menyebutkan, hasil agribisnis kembang hias dari perkebunan PT. Florion hingga saat ini 100 persen telah diekspor ke mancanegara. Di antaranya, Amerika Serikat, Belanda, Norwegia, Italia, dan Korea Selatan. 

“Sampai saat ini kami sudah berkonstribusi bagi Indonesia maupun bagi Kabupaten Bogor. Karena selain memberikan devisa bagi negeri ini, PT. Florion juga telah merekrut ratusan warga di sekitar perkebunan dan workshop untuk bekerja. Sehingga kami juga membantu perkembangan perekonomian masyarakat sekitar,” tandas Iwan yang kerap berpenampilan sederhana dan bersahaja. ***