Hallobogor.com, Jakarta – Liburan ke Bandung terasa tak lengkap kalau belum mencicipi jajanan khas Bandung yang enak dan sering dijual di pinggir jalanan Bandung. Anda bisa menemukan lokasi jajanan Bandung dengan menggunakan daftar makanan enak Bandung di Traveloka.

List Jajanan Bandung yang Murah dan Ada di Mana-mana

Masyarakat Bandung terbilang sangat kreatif. Mereka tak hanya terkenal bisa memproduksi berbagai produk fashion berkualitas. Tapi juga berbagai menu kuliner yang terbuat dari bahan sederhana dengan rasa yang spektakuler seperti beberapa jajanan berikut ini misalnya.



Cireng

Siapa yang tak kenal jajanan murah meriah ini. Cireng yang terbuat dari aci atau tepung kanji digoreng ini disajikan dengan bumbu rujak atau bumbu tabur berbagai rasa. Jajanan yang satu ini tak hanya mudah ditemui di pinggir jalanan Bandung, kini Anda bahkan bisa memesannya secara online dalam bentuk frozen.

Cilok

Sama seperti cireng, cilok atau bakso aci dicolok juga terbuat dari aci atau tepung kanji. Bedanya, cilok tidak digoreng melainkan dikukus dan dimakan dengan dicolok menggunakan tusuk bambu atau garpu. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Jajanan khas Bandung ini juga bisa ditemui di daerah lainnya dengan nama yang sudah dimodifikasi seperti pentol di Jawa Timur atau salome di Balikpapan.

Cilor

Jajanan Bandung yang terbuat dari aci lainnya adalah cilor. Cilor memiliki bentuk membulat seperti cilok hanya saja aci dicolok ini disiram dengan kocokan telur pada saat digoreng. Siraman telur ini tentu membuat cilor terasa lebih gurih dengan penampilan yang lebih menggugah selera. Cilor sekarang mudah ditemui di hampir seluruh Indonesia terutama di depan sekolah-sekolah.

Cimol

Olahan aci lainnya yang cukup populer adalah cimol. Jajanan Bandung berbentuk bulat ini digoreng hingga kering kemudian disajikan dengan bumbu bubuk cabe atau bumbu tabur yang gurih sesuai selera. Biasanya cimol mudah ditemukan di depan sekolah-sekolah dasar atau di pasar malam.

Siomay

Siomay Bandung merupakan jajanan Bandung yang melegenda. Anda bahkan bisa menemukan spot penjual siomay di list makanan enak Bandung di Traveloka. Siomay Bandung lazimnya terdiri dari beberapa makanan pelengkap seperti kentang, telur, tahu, kubis dan pare yang dikukus. Untuk menambah kelezatannya, siomay disajikan dengan saus kacang yang gurih, kecap dan saus.

Batagor

Berbeda dengan siomay yang dikukus, batagor disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan kecap. Untuk menguatkan rasa gurihnya, pembuat batagor biasanya menambahkan daging ikan tenggiri ke dalam adonan batagor.

Cuanki

Jajanan Bandung yang satu ini memiliki tampilan layaknya bakso Malang, hanya saja cuanki tidak menggunakan mie kuning. Cuanki disajikan dengan isian berupa tahu putih isi aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng dengan kuah bening yang gurih dan ditambah daun bawang dan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan lezat membuat jajanan Bandung ini cocok dinikmati hangat di saat cuaca dingin.

Seblak

Jajanan Bandung lainnya yang termasuk dalam daftar makanan enak Bandung di Traveloka adalah seblak. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu bawang dan cabai dengan kuah yang pedas. Seblak terkadang disajikan dengan tambahan ceker ayam, topping sosis, keju dan telur. Jajanan yang satu ini memang sedang hits di kalangan anak muda sehingga Anda bisa menemukan berbagai rasa seblak yang bisa dibeli secara online.

Comro

Jajanan Bandung seperti comro sudah terkenal di mana-mana. Comro merupakan singkatan dari oncom di jero atau oncom di dalam terbuat dari adonan parutan singkong yang dibentuk bulat lonjong. Kemudian adonan ini diberi isian oncom berbumbu di bagian tengahnya, lalu digoreng. Oncom biasa disajikan hangat dengan cabai rawit dan teh hangat.

Surabi Bandung

Tak seperti serabi Solo yang memiliki ukuran tipis, surabi Bandung memiliki ukuran lebih tebal, lebih gurih dan lebih padat. Jajanan Bandung ini biasanya dimasak menggunakan tungku kayu dan gerabah tanah liat. Untuk menambah selera, biasanya surabi diberi topping diatasnya seperti kinca, oncom, meses atau tanpa topping.

Itulah beberapa jajanan Bandung yang enak dan bisa ditemui di mana saja. Anda bisa menjelajah kuliner lainnya yang lebih menantang dengan mengecek daftar makanan enak Bandung di Traveloka.