Hallobogor.com, Bogor – Pemerintah Kota Hiroshima Jepang menggelontorkan anggaran pendampingan untuk merealisasikan program pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat senilai Rp. 50 juta Yen atau sekitar 5 Miliar Rupiah kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Anggaran tersebut disepakati dalam kunjungan kerjasama Pemkot Hiroshima Jepang dengan Pemkot Bogor dalam acara delegasi Hiroshima di Balaikota Bogor, Senin (23/11). Demikian, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Program tersebut akan direalisasikan pada Februari tahun depan,dimana nantinya akan diawali berjalan melalui proyek percontohan di Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan.

Walikota Bogor Bima Arya menjelaskan dalam kerjasama ini, nantinya Pemerintah Hiroshima akan membantu mendampingi Pemkot Bogor mampu menciptakan tehnik pengolahan sampah menjadi bahan bakar melalui mekanisme kompos.

Hasil pengolahan sampah nantinya akan digunakan menjadi bahan bakar kendaraan umum ramah lingkungan. “Kerjasama dengan Pemerintah Hiroshima untuk menciptakan pengolahan sampah berbasis masyarakat agar bisa digunakan untuk bahan bakar angkutan umum ramah lingkungan,” tandasnya. (dani)