Hallobogor.com, Bogor – Kapolres Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat AKBP Andi Moch Dicky mengatakan jalur Puncak hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, untuk kendaraan roda empat dan lainnya dialihkan menggunakan jalur alternatif.

“Kendaraan hanya roda dua saja yang bisa lewat, untuk kendaraan roda empat atau lebih gunakan jalur alternatif, dari Jakarta bisa lewat Cibubur, Jonggol, Cariu, lanjut Sukamakmur, atau lewat Sukabumi langsung Cianjur, atau lewat Bandung, Padalarang, yang menuju Cianjur,” kata Dicky, di Bogor, Kamis.

Pembatasan kendaraan di jalur Puncak ini dikarenakan adanya longsor susulan yang terjadi di kawasan Puncak Pas, perbatasan antara Puncak Bogor dan Cianjur. Tepatnya di Puncak Pas Resort.

Longsor susulan ini terjadi sekitar pukul 21.00 WIB Rabu (28/3) malam kemarin, longsor menyebabkan ada kerentanan jalan, dan merupakan lokasi longsor yang sebelumnya pernah terjadi awal Februari lalu. Longsor terjadi amblas dengan kedalaman 40 m dan panjang lebih kurang 150 m, sampai saat ini masih ada pergerakan tanah apabila ada getaran dari kendaraan yang melintas.

“Ada pergerakan tanah susulan, tepatnya di Puncak Pass Resort,” kata Dicky.

Dicky dalam keterangannya mengatakan untuk mengantisipasi longsor, pihak kepolisian mengambil deskresi dan langkah-langkah untuk mengantisipasi longsor, termasuk melibatkan ahli untuk melakukan penelitian.

Menurut Dicky, langkah-langkah tersebut diambil dalam rangka menghadapi libur panjang bertepatan dengan Paskah, Jumat (30/3) besok. Mengingat jalur Puncak biasanya padat sehari sebelum libur panjang terjadi.

“Polisi ambil deskresi bekerja sama dengan Polres Cianjur melakukan penutupan jalan, sambil berkonsultasi dengan Dirjen Perhubungan Darat terkait bagaimana tindak lanjutnya terkait jalan ini (Puncak-red),” katanya.

Ia menjelaskan pihaknya melakukan penyekatan di pintu masuk menuju perkebunan Gunung Mas, Puncak. Dipilihnya lokasi ini karena ada pulau jalau yang bisa digunakan untuk memutar kendaraan yang sudah terlanjur ke Puncak.

“Karena kalau sampai di atas (Puncak pass) sulit untuk mutar,” katanya.

Penyekatan juga dilakukan di wilayah hukum Polres Cianjur dimulai dari persimpangan Hypermart. Penutupan ini dilakukan untuk keselamatan pengguna jalan terlebih dahulu.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan pihaknya telah membuat spanduk imbauan yang di pasang sejumlah titik, berisikan informasi terkait kondisi Puncak, serta mengalihkan arus dari Cianjur ke Bogor bisa melalui Jonggol.

“Kendaraan yang mengarah ke Bogor bisa melalui Jonggol atau Sukabumi,” katanya.

Dicky menegaskan, selama penanganan longsor, kendaraan yang boleh melintas menuju Puncak Pass-Cianjur hanya roda dua dan angkutan proyek. Untuk kendaraan lain menggunakan jalur alternatif.

“Untuk angkot dari Bogor hanya sampai Pasar Cisarua saja, silahkan menggunakan roda dua saja. Kalau semua kendaraan masuk, nanti kendaraan perbaikan terganggu,” kata Dicky. (lai)