Hallobogor.com, Gunungputri – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade melayat ke kediaman Kakek Omin (70 tahun) yang tewas akibat tenggelam saat ingin menancapkan bendera merah putih di Setu Rawa Harep, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri. Jaro Ade menyatalan belasungkawa kepada keluarga korban sekaligus menyatakan salut atas sikap nasionalisme korban.

Almarhum Kakek Omin yang berdomisili di Kampung Wanaherang RT 02/09, Desa Wanaherang ini terkenal berjiwa nasionalis di mata keluarga dan masyarakat sekitarnya. Ia sendiri ingin menancapkan bendera merah putih di Setu Rawa Harep demi memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-72 tahun. Namun sebelum tujuannya tercapai perutnya keram dan ia pun tewas tenggelam.

“Bagi saya pribadi, almarhum Kakek Omin adalah sosok pahlawan yang muncul dari rakyat awam karena ia memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Dari cerita keluarga almarhum selalu semangat dalam merayakan HUT Republik Indonesia,” ujar Ade Ruhandi, Jumat (11/8/2017).

Jaro Ade pun meminta semangat Kakek Omin diteladani generasi penerus bangsa, termasuk bagi dirinya. “Semangat cinta bangsa Indonesia beliau sangat tinggi bahkan saya sendiri bisa dikatakan kalah semangatnya oleh beliau. Semangat dan keikhlasan beliau dalam mencintai bangsa Indonesia patut diteladani oleh para generasi penerus bangsa terutama para kawula muda,” ungkap calon Bupati Bogor yang diusung Partai Golkar, PAN, Demokrat, dan PKB ini.

Sabur, anak pertama korban, menceritakan sebelum perstiwa naas itu, adiknya sempat bermimpi banyak nasi di rumah. Bagi warga sekitar mimpi banyak nasi adalah pertanda bahwa akan ada kerabat dekat yang akan meninggal.

“Selain itu saya juga tumben-tumbenan menanyakan perihal tanah milik almarhum karena sebagai anak tertua tentunya saya yang memikul tanggung jawab setelah beliau pergi untuk selama-lamanya,” tukas Sabur. (cep)