Hallobogor.com, Ciomas – Sejak dulu, daerah Ciomas dikenal sebagai sentra pengerajin sepatu dan sandal. Entah sejak kapan, yang jelas, saat ini semakin banyak saja penduduk di sana beralih profesi membuka bengkel sepatu dan sandal rumahan skala kecil.

Hal itupun membuat Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi melakukan peninjauan ke lokasi pembuatan sandal di Kampung Peuntas Ciapus, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas.

Pemilik kerajinan pembuatan sandal asal Ciomas, Yunus, mengaku sudah lebih dari tujuh tahun menggeluti profesi pengrajin sepatu dan sandal di Ciomas. Dengan ditemani delapan orang karyawannya, dalam sehari Yunus mampu memproduksi 200 kodi bahan sepatu dan sandal.

“Kebanyakan pengrajin sepatu dan sandal di Ciomas memproduksi pesanan dari toko-toko dalam jumlah banyak, seperti saya, saya mengirim produk ini ke Jakarta,” katanya.

Sementara itu, Jaro Ade yang juga merupakan calon Bupati Bogor 2018-2023 berjanji, jikalau dirinya menjadi bupati Bogor nanti, dirinya akan menginstruksikan semua pejabat Pemkab Bogor, kecamatan sampai ke desa agar membeli produk buatan masyarakat Kabupaten Bogor seperti buatan masyarakat Ciomas.

“Nanti jika saya terpilih, saya akan buat surat edaran kepada PNS di Kabupaten Bogor agar wajib membeli dan memakai produk sepatu dan sandal buatan masyarakat Kabupaten Bogor seperti di Ciomas ini,” janjinya. (cep)