Hallobogor.com, Cibinong – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade sangat mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Pusat cq Kementerian ATR BPN RI dalam program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017. Di Kabupaten Bogor terdapat kuota 80.000 bidang tanah yang bisa disertifikatkan di Kecamatan Cibinong, Sukaraja, Bojonggede, dan Tajurhalang.

“Program PTSL ini sangat bagus. Semua pihak perlu mendukung karena memberikan efek yang luar biasa kepada masyarakat Kabupaten Bogor khususnya dalam peningkatan perekonomian, kepastian hukum, dan tentunya kesejahteraan rakyat. Di samping itu, untuk internal Pemkab Bogor mendapatkan sumber pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil BPHTB dan PBB dalam kegiatan PTSL ini, yang dapat digunakan untuk pembangunan Kabupaten Bogor,” paparnya.

Jaro Ade juga mengingatkan bupati, camat, lurah, dan kepala desa. “Mereka wajib mendungkung program ini dan melakukan pendampingan anggaran sesuai aturan. Kami di DPRD sangat mendukung sesuai tupoksi kami,” tegas calon Bupati Bogor ini.

Tak lupa, Jaro Ade juga mengucapkan terima kasihnya kepada Kepala BPN Kabupaten Bogor. “Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala BPN Kabupaten Bogor dan jajaran untuk terus sinergi dengan semua pihak untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Jaro Ade sangat berharap program PTSL tahun 2017 dapat dilaksanakan sesuai dengan target dan untuk program tahun 2018 dapat dilaksanakan jauh lebih besar yang direncanakan 400.000 bidang tanah, sehingga merata di semua kecamatan se-Kabupaten Bogor. Saat ini jumlah bidang tanah yang belum tersertifikasi di Kabupaten Bogor kurang lebih 800 ribu bidang.

“Program ini sangat membantu dalam proses pemutakhiran data pertanahan dalam proses perencanaan pembangunan di segala sektor, dari tingkat desa/kelurahan dalam mendukung program nasional nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu membangun dimulai dari desa,” imbuh Jaro Ade. (cep)