Hallobogor.com, Megamendung – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi alias Jaro Ade mengemukakan, pembangunan di bumi Tegar Beriman tak selalu harus mengandalkan APBD. Akan tetapi masih banyak solusi lain di antaranya mengelola dana corporate social responsibility (CSR) ribuan perusahaan di Kabupaten Bogor.

“Tak semuanya harus mengandalkan APBD. Kita bisa memanfaatkan dana CSR dari perusahaan-perusahaan. Kuncinya tinggal komunikasi yang baik dari bupati dengan para pengusaha,” ungkap Jaro Ade saat menjawab berbagai persoalan pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang dikemukakan Relawan Jaro Ade (RAJA) di Puri Mandiri, Jalan Cikopo Selatan, Megamendung, Jumat (5/5/2017).

Jaro Ade mengatakan, Kabupaten Bogor harus ramah investasi. Oleh karenanya jangan membawa kepentingan pribadi kepada setiap perusahaan. “Jangan pengusaha dijadikan sapi perah,” kata calon Bupati Bogor periode 2018-2023 yang diusung Partai Golkar dan PAN ini.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor ini meyakini jika potensi dana CSR serius dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat maka akan membantu mengurangi berbagai persoalan yang selama ini di-cover oleh APBD. “Saya yakin bisa, banyak perusahaan besar di Kabupaten Bogor ini yang kewajiban dana CSR-nya lebih dari Rp2 miliar per tahun. Tinggal diatur saja sesuai peraturan termasuk Perdanya,” ujarnya. (cep)