Hallobogor.com, Ciawi – Ruas jalan Veteran dari Cikereteg sampai Pancawati sepanjang 5.300 meter mulai diperbaiki. Perbaikan dibagi dua jenis pekerjaan, yakni melalui proyek oleh pihak ketiga dan pemeliharaan oleh petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknik Jalan dan Jembatan (TJJ).

Selain karena kondisinya rusak dan sesuai perencanaan, jalur ini akan dilintasi Menteri Agraria dan BPN dan rombongan serta paa Kepala BPN se-Jawa Barat, Gubernur Jabar, Bupati, dan Muspida pada Senin 30 Mei 2016 nanti. Pada hari itu akan dilangsungkan kegiatan akbar penyerahan sertifikat hak milik tanah garapan bagi para penggarap di empat desa dalam program redistribusi reforma agraria.

Kepala UPT TJJ DBMP Wilayah Ciawi, Eko Sulistiyo, menjelaskan, Jalan Veteran Cikereteg-Pancawati STA 0+600 akan dikerjakan oleh pihak ketiga (proyek). “Tapi kapan pelaksanaannya masih menunggu proses lelang selesai. Ruas 600 meter itu dilaksanakan oleh pihak ketiga karena tingkat kerusakan atau retensinya parah. Selebihnya pemeliharaan oleh kami,” tegasnya, seperti dikutip Halloapakabar.com.



Terkait kedatangan menteri dan gubernur, Eko menegaskan bahwa sempat terjadi clash program. “Kami dari UPT tak berani perbaiki yang 600 meter karena tak ada instruksi dan itu sudah masuk dalam rencana lelang. Kecuali kalau ada perintah, kami berani tapi paling diagregat/dilevel saja,” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, kerusakan jalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya akibat
cuaca, kondisi teknis penggodokan aspal yang terlalu masak (batu cepat ambrol), dan bisa oleh kondisi laju kendaraan yang lambat dan macet sehingga jalan bleeding dan bergelombang

“Selain itu ada titik-titik tertentu harus melibatkan tiga UPT karena kerusakan jalan akibat limpahan air dan sampah. Yakni pihak TJJ, UPT Pengairan, dan UPT Kebersihan,” imbuhnya.(cep)