Hallobogor.com, Bogor – Belasan ribu barang bukti minuman keras (miras) dan narkotika serta obat-obatan keras berbahaya dimusnahkan Polresta Bogor Kota di Balai Kota Bogor, Senin (14/05/2018). Pemusnahan ini, hasil operasi Cipta Kondisi selama satu bulan dan dalam rangka menciptakan kenyaman ibadah umat muslim selama bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah.

Prosesi pemusnahan dihadiri pula oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya beserta jajaran, Dandim 0606 Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Sekda Kota Bogor, perwakilan unsur Muspida Kota Bogor, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan komunitas Granat.

Barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari 12.489 miras dari berbagai merk, 47,55 gram narkotika jenis ganja, 9 gram sabu-sabu, 10 gram tembakau sintetis, 1,127 butir obat-obatan daftar G, 500 liter miras oplosan, dan 15 jerigen arak

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, banyaknya kejadian kriminalitas di Kota Bogor merupakan dampak dari peredaran narkoba dan miras. Sehingga, operasi Cipta Kondisi harus dilakukan secara berkesinambungan untuk menjaga kondusifitas kamtibmas.

“Harapan kami selama bulan Ramadhan tidak ada operasi yang dilakukan oleh ormas/LSM. Serahkan kepada kami dan mohon masukan dari seluruh pihak. Mohon peran masyarakat dalam menjaga keluarga agar tidak terlibat segala tindak kriminal baik miras, narkoba, maupun aksi kekerasan,” katanya.

Sementara Sekdakot Bogor, Ade Sarif Hidayat, mengharapkan melalui kegiatan pemusnahan ini menjadi motivasi untuk masyarakat melakukan upaya pencegahan penyakit masyarakat. (dns)