Hallobogor.com, Cisarua – Satu bulan menjelang perayaan Natal dan malam Tahun Baru biasanya musim panen bagi hotel-hotel di kawasan pariwisata Puncak, Kabupaten Bogor. Sejak sebulan sebelumnya, sudah biasa terjadi lonjakan booking hotel.

Akan tetapi, BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor melaporkan justru belum terjadi lonjakan untuk tahun ini.

“Sampai saat ini belum ada hasil yang diharapkan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya para tamu yang mau berlibur ke Puncak telah melakukan booking hotel jauh sebelum waktunya. Tahun ini belum ada pesanan dari tamu,” ujar Ketua BPC PHRI Kabupaten Bogor, Budi Sulistyo.

Budi mengungkapkan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, sebulan sebelum Natal dan malam. Tahun Baru hotel-hotel di Puncak, Kecamatan Cisarua dan Megamendung sudah ramai pesanan kamar. Bahkan di antaranya sudah ada yang full book.

Melihat kondisi ini, Budi memperkirakan musim liburan tahun baru kali ini tingkat okupansi hotel berkurang. “Karena sampai saat ini angka itu masih di bawah 30%,” tegasnya.

Menurut Budi, kondisi ini bisa saja disebabkan daya beli masyarakat yang menurun sehingga liburan tidak menjadi prioritas masyarakat.

Pihak hotel maupun PHRI, kata Budi, bukan tidak melakukan berbagai upaya dalam bentuk promosi untuk mendatangkan tamu-tamu ke hotel-hotel maupun resort yang ada di wilayah Puncak khususnya. “Promosi itu sejak jauh-jauh hari dilakukan. Kami melakukannya sejak pertengahan tahun ini, atau sejak enam bulan sebelumnya,” ungkapnya. (wan)