Hallobogor.com, Bogor – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi proyek pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di kawasan Ciawi, Kabupaten Bogor, Selasa (21/06/16).

Turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bogor Bima Arya.
Kedatangan Jokowi ke lokasi proyek tersebut untuk memastikan dan melihat perkembangan pembangunan jalan tol sepanjang 54 km yang telah mangkrak selama beberapa tahun itu.     

“Tol Bocimi ini sepanjang 54 km dan sudah pernah di groundbreaking sebanyak empat kali, tapi terhenti. Proyek ini sudah dimulai sejak tahun 1997 dan sampai sekarang satu meter pun belum dapat,” ungkap Jokowi, seperti dikutip Halloapakabar.com.



Jadi, kata Jokowi, proyek pembangunan tol Bocimi itu akan dikerjakan oleh pemerintah dan sudah dimulai untuk seksi satunya. Dimana sekitar 90 persen lahan sudah dibebaskan.

“Lalu nanti akan dilanjutkan ke seksi berikutnya yaitu seksi 2, 3, dan 4. Kita harapkan seperti yang disampaikan PT Waskita akan diselesaikan pada tahun 2019 mendatang, tapi saya minta tahun 2018 sudah selesai,” terang Jokowi.

Karena, menurut Jokowi, jalur Bocimi ini sangat padat. “Dulu konsesinya diberikan kepada pihak swasta tapi tidak dikerjakan, akhirnya diambil alih pemerintah. Ini karena investornya tidak mulai-mulai,” ujarnya.

Apalagi, proyek itu sudah beberapa kali dikerjakan pihak swasta namun sayang tak kunjung dikerjakan. “Sementara ini dan ke depannya semoga tidak ada masalah lagi,” tukas Jokowi. (hrs).