Hallobogor.com, Bogor-Berdasarkan banyaknya hasil laporan masyarakat sekitar yang curiga dengan adanya transaksi psikotropika tanpa izin di salah satu apotek atau Toko Obat Waras di Jalan Raya Bogor- Sukabumi tepat di Kampung Cikereteg, Kecamatan Caringin,Kabupaten Bogor, Rabu (27/01/2016) kemarin, Satuan Narkoba Polres Bogor Kota melakukan penggeledahan terhadap pemilik toko. Hasilnya, Polisi berhasil menemukan puluhan psikotripika berbagai jenis obat yang dijual bebas oleh pemilik toko berinisial EA (30).

Dilokasi penggeledahan, Polisi menemukan barang bukti berupa 13 butir Pil Alganax Alprazolam, 32 Butir Pil Alprazolam 1mg, 17 Butir Pil Alprazolam 0,5 mg, 4 Butir Pil Merlopan Lorazepam, 10 Butir Pil Riklona dan 4 Butir Pil Calmlet Alprazolam.

Toko obat psikotropika yang dijual bebas oleh pelaku, tidak memiliki izin oprasional, setelah anggota meminta pemilik memperlihatkan tentang legalitas perizinannya.

“Ternyata toko yang menjual psikotropika berbagai jenis obat itu tidak mempunyai izin. Dari hasil temuan polisi langsung mengamankan pemilik/pelaku beserta barang bukti dan langsung kita amankan ke Kantor Reserse Narkoba,” ujar Kasatreskrim Narkoba, Polres Bogor, AKP Wahyu Agung, belum lama ini kepada Wartawan.

Untuk proses penyidikan lebih lanjut, dari hasil pemeriksaan, lanjut Wahyu, bahwa obat-obat tersebut merupakan persediaan untuk dijual.

“Selama ini pelaku menjual obat jenis psikotropika itu dengan bebas tanpa izin. Jumlah tersebut merupakan sisa dari hasil pejualan selama ini,”jelas Wahyu.

Akibat perbuatannya, kini penjual obat terlarang itu  harus merasakan dinginnya Hotel Prodeo di Mapolres Bogor Kota. Pelaku dijerat Undang-Undang No 5 Tahun 1997 tentang Penyalahgunaan Psikotropika Pasal 60 ayat 1 dan atau Pasal 62.

Pasca penggeledahan oleh anggota polisi, sejak Rabu (27/01) hingga Sabtu (30/01), Toko Waras tersebut tidak lagi beroperasi. Hal itu berdasarkan informasi salah seorang penjaga konter pulsa yang letaknya tak jauh dari lokasi toko tersebut.

“Toko obat ini sudah tutup, sejak adanya penggerebekan. Yang melakukan pengerebekan polisi, saya lihat ada enam orang menggunakan mobil,” kata penjaga konter itu kepada Hallobogor.com.

Sementara sebelumnya, jajaran Satnarkoba Polres Bogor Kota beberapa waktu lalu juga berhasil membongkar peredaran obat pil alprazolam di wilayah Kota Bogor. Sedikitnya 30 butir aprazolam diamankan dari tangan tersangka. Obat didapat dari toko Intan penjualan aprazolam yang di jual bebas di salah satu toko obat Intan dikawasan Cilebut, setelah sebelumnya menangkap pengedar pil aprazolam dikios pasar. (wan/dan)