Hallobogor.com, Caringin – Kepala Daerah Operasi (Daops) 1 Jakarta PT KAI Dadan Rusdiansyah ikut meninjau lokasi longsor bantalan rel KA jurusan Bogor-Sukabumi di Kampung Maseng RT 2/8, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cisaruk, Kabupaten Bogor, Senin (5/2/2018). Ia datang beserta rombongan Daops 1 sekira pukul 16.00 Wib dan menyaksikan proses evakuasi korban longsor yang dilakukan petugas gabungan TNI/Polri, BPBD, dan relawan.

Kepada Hallobogor, Dadan Rusdiansyah mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan pekerjaan perbaikan rel sebab masih harus menunggu evakuasi korban longsor selesai. “Kalau menurut Pak Danrem diperkirakan besok (Selasa 6/2/18) selesai,” katanya didampingi Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf. Mohamad Hasan. 

Setelah proses evakuasi selesai, kata Dadan, baru PT KAI bisa memulai pekerjaan perbaikan tebingan rel secara intensif. Sedangkan mengenai waktu pelaksanaannya diperkirakan sekitar tiga hari dan maksimal empat hari selesai. “Perkiraan kami tiga hari selesai, empat hari maksimal. Setelah perbaikan rel selesai, jalur kereta akan segera bisa dioperasikan lagi secara normal,” ujarnya.

Dengan tidak beroperasinya kereta api baik dari arah Bogor dan Jakarta menuju Sukabumi maupun sebaliknya, kata Dadan, para pengguna jasa angkutan KA dipastikan sudah bisa memahaminya. “Tidak, tidak ada komplain. Ini kan musibah. Kita semua sudah antisipasi, sudah berusaha, tapi ini semua di luar kehendak kita. Kami memohon maaf atas tidak beroperasinya kereta api Bogor-Sukabumi dalam beberapa ini. Mudah-mudahan bisa segera selesai perbaikannya,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, longsor di Maseng mengakibatkan rel KA dalam posisi menggantung. Kejadian ini mengakibatkan terganggunya perjalanan KA sehingga dilakukan pembatalan sejumlah KA dan pemotongan relasi KA. Lintas Bogor – Sukabumi sendiri tiap harinya dilalui 10 perjalanan KA, terdiri dari enam KA penumpang, dan empat KA angkutan barang. Pembatalan dan pemotongan relasi KA dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA. (cep)