Hallobogor.com, Caringin – Pemerintah Desa Pancawati dan Cimande, serta Karang Taruna Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, sepakat untuk membuka dan membangun jalan tembus. Hal ini adalah salah satu upaya terobosan guna meningkatkan percepatan pembangunan, taraf perekonomian masyarakat, dan mobilitas warga dua desa.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, pembukaan jalan tersebut salah satunya dari Kampung Pasirkuda, Desa Pancawati, tembus ke Cimande, dengan lebar sekitar 3 meter dan panjang 5 kilometer.

Guna melihat situasi dan kondisi sepanjang jalur, Kepala Desa (Kades) Pancawati, H. Iqbal Jayadi, turun langsung melakukan peninjauan pekan ini. Dalam tinjauannya, Kades didampingi tokoh masyarakat dan pemuda serta Ketua Karang Taruna Kecamatan Caringin, Abdul Jalil Hanafiah.

“Saya sengaja turun ingin melihat langsung kondisi jalan sekaligus bersilaturahim dengan warga,” kata H. Iqbal Jayadi usai melakukan pemantauan dan ‘Ngaliwet’ bareng dengan warga.

H. Iqbal Jayadi mengatakan, jalur jalan tembus atau Pasirkuda-Cimande sebetulnya sudah lama ada namun baru bisa dilintasi kendaraan roda dua. Agar bisa dilintasi kendaraan roda empat maka perlu dilebarkan dan ditingkatkan dengan pengaspalan.

“Sejak lama masyarakat Pancawati khususnya Kampung Pasirkuda dan Cimande mengharapkan jalan tembus ini. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi. Selain itu, kalau jalan tembus ini sudah bisa terbangun maka akan sangat membantu mobilitas masyarakat dan bisa jadi jalur alternatif dari Caringin ke Ciawi, sehingga dengan sendirinya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap H. Iqbal Jayadi.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Caringin, Abdul Jalil Hanafiah, menambahkan, pihaknya siap membantu perogram desa yang sangat positif ini. “Kami akan membantu mengerahkan kemampuan dan sumber daya pemuda dan warga Karang Taruna agar program yang baik ini lancar,” ujarnya.(cep)