Hallobogor.com, Bogor – Kantor Pertanahan Kota Bogor mencanangkan pembangunan zona integritas, Kamis (29/3/2018). Pencanangan ini dilakukan di halaman Kantor Pertanahan Kota Bogor, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh, mengatakan, pencanangan ini sebagai publisitas komitmen Kantor Pertanahan Kota Bogor dalam mendukung terwujudnya pemerintahan yang good governance. Melalui publisitas ini, setidaknya Kantor Pertananan Kota Bogor juga didukung oleh masyarakat luas sebagai institusi yang bebas korupsi dengan birokrasi yang bersih dalam melayani masyarakat. 

“Pada era yang serba transparan ini dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan hak-haknya sebagai pelanggan layanan pemerintah apalagi akses untuk pengaduan terhadap penyimpangan integritas juga semakin luas, menuntut Kantor Pertananan Kota Bogor untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan baik dari sisi personel maupun dari sisi sarana dan prasarana dukungan layanan,” katanya.

Pencanangan pembangunan zona integritas, kata Ery, juga sebagai salah satu pelaksanaan reformasi birokrasi.

Pembangunan zona integritas di Kantor Pertanahan Kota Bogor ini terdiri dari enam aspek, yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, pengawasan, serta pelayanan publik. Masing-masing aspek akan di-drive oleh suatu tim yang bertugas memastikan indikator-indikator dari enam aspek tersebut terlaksana. 

“Tim pembangunan zona integritas ini terdiri dari pimpinan-pimpinan di Kantor Pertanahan Kota Bogor dengan leader Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen dan keterlibatan pimpinan dalam membangun Kantor Pertanahan Kota Bogor menuju wilayah yang bebas korupsi serta wilayah birokrasi yang bersih melayani,” jelasnya.

“Tujuannya zona integritas ini untuk menjadikan Kementerian Agraria Tata Ruang dan BPN sebagai lembaga yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, kemudian berkomitmen pelayanan publik yang berkualitas, memiliki kinerja yang akuntabel dan transparan, memiliki SDM yang profesional dan berintegritas. Jadi untuk tahun 2018 ini Kantor Pertanahan Kota Bogor ditetapkan oleh kantor BPN pusat sebagai wilayah zona integritas yang bebas dari kolusi dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani,” imbuhnya.

Sebelumnya pada tahun 2017 Kota Bandung yang ditetapkan. Ke depannya seluruh Indonesia akan ditetapkan di setiap provinsi.

Ery juga berharap masyarakat dapat mendukung program ini dengan partisipasinya dalam pencegahan dan pelaporan apabila ada penyimpangan integritas yang dilakukan oleh pegawai Kantor Pertanahan Kota Bogor. Pengaduan atas pelayanan pada Kantor Pertanahan Kota Bogor dapat menghubungi nomer 0251-8576363. (dns)