Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 100 orang panitia Kelompok Masyarakat (Pokmas) Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Kecamatan Bogor Barat dan Bogor Selatan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh, Selasa (6/3/2018). Acara berlangsung di Aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor.

Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Kota Bogor, Ayi Koswara, mengatakan, pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Tim dan Satgas Fisik dan Yuridis, Pengolah Data, serta Pokmasdartibnah tiap kelurahan dan para Lurah dari dua kecamatan.

Ayi mengharapkan, program PTSL 2018 ini rampung pada bulan September 2018 dan BPN serta panitia melaksanakan tugas pelaksanaan pengukuran dan pengumpulan yuridis sudah berjalan dengan baik tanpa ada kendala apa pun.

“Dari dua kecamatan ini target kami sebanyak 60 ribu bidang dapat tersertifikasi. Mudah-mudahan dari target itu tercapai secara keseluruhan, dan 50 ribu bidang menjadi cluster 1,” ujarnya.

Kemudian pada akhir bulan akhir Maret dan bulan April tahun ini diharapkan bisa membagikan sertifikat tanah bagi yang sudah selesai melalui program ini. 

Untuk anggarannya sendiri dari pendaftaran hingga selesai dibebankan melalui APBN tahun 2018. “Untuk kelengkapan-kelengkapan dari pendaftaran hingga penerbitan sertifikat itu dibebankan kepada APBN, sementara untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya ditanggung oleh masyarakat,” tegas Ayi.

Sementara perwakilan Ketua Pokmas PTSL dari Kecamatan Bogor Selatan, Rudi, mengungkapkan, PTSL adalah salah satu program pemerintah bagi masyarakat yang belum memiliki hak alas tanah dan bisa mengajukan sertifikat secara gratis. Sebab, yang menjadi kendala selama ini adalah warga yang belum mempunyai alas dasar haknya mereka harus mengurus sendiri dan tidak sedikit mereka belum menguasai proses secara keseluruhan. 

“Secara program kami sudah mensosialisasikan kepada warga masyarakat. Saya berharap semua bisa berjalan lancar dan warga pun bisa membantu program ini dengan menyiapkan segala sesuatunya,” imbuhnya. (dns)