Hallobogor.com, Cibinong – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat membeberkan jumlah kasus kebakaran di wilayah ini yang mencapai 196 kasus selama tahun 2018, meningkat 10 persen dari satu tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 178 kasus.

“Selama 2018 terjadi di 196 lokasi. Wilayah nomor satu yang paling rawan kebakaran adalah Kecamatan Cibinong, Gunungputri, Citeureup, dan Cileungsi,” ujar Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Makmur usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Damkar Kabupaten Bogor di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, pada kasus kebakaran selama tahun 2018 ini penyebabnya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni didominasi akibat korsleting listrik dan faktor human error.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di tempat yang sama tak memungkiri atas tingginya potensi bencana kebakaran di wilayahnya.

Sayangnya, tingginya potensi bencana kebakaran ini tidak diimbangi dengan ketersediaan infrastruktur yang cukup. Seperti halnya penyediaan pos-pos Damkar di masing-masing wilayah di Kabupaten Bogor.

“Belum mengkaver 40 kecamatan Kabupaten Bogor, baru ada enam wilayah yang ada pos-pos pemadam. Tahun 2019 ini kami berharap apa yang belum, secara berthap dipenuhi,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Iwan berharap, pemenuhan insfrastruktur pendukung ini bisa terpenuhi dengan tidak hanya mengandalkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), melainkan juga dari keterlibatan para pengusaha Kabupaten Bogor.

“Kita meminta rekan pengusaha untuk memberikan hibah tanah, tempat untuk kantor atau kendaraan juga harus dibantu pihak ketiga,” ujarnya.

Pada momentum HUT Damkar ke-100 menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah menginventarisasi kebutuhan-kebutuhan Dinas Damkar Kabupaten Bogor.

“Damkar ini salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kita yang perlu peningkatan kualitas dan kuantitas. Kabupaten termaju, Damkarnya harus maju di Kabupaten Bogor,” kata Iwan, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (mfs)