Hallobogor.com, Ciawi – Hujan yang terus mengguyur kawasan Bogor mulai menyebabkan sejumlah wilayah digerus longsor dan banjir. Dalam sepekan ini sedikitnya dua titik longsor terjadi di selatan Kabupaten Bogor.

Longsor di antaranya menggerus Irigasi Cimenteng, Kampung Pabuaran, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi. Longsor setinggi 2 meter dan panjang 10 meter ini cukup mengganggu saluran irigasi yang dibutuhkan lahan pertanian masyarakat di Desa Bendungan dan Pandansari.

“Longsor diduga akibat hujan deras yang selalu mengguyur wilayah Ciawi. Selain itu kontur tanah yang labil sehingga tak mampu menahan aliran air,” ujar Pengawas UPT Pengairan Wilayah Ciawi, Dedi Djunaedi, Jumat (11/11/2016).



Menurutnya, perbaikan Irigasi Cimenteng akan segera diajukan dengan anggaran diperkirakan mencapai seratus jutaan.

Sementara itu, longsor juga menggerus ruas Jalan Tarikolot-Pangapungan, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kondisi jalan ambruk dan tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Beruntung jalur tersebut tak ramai dilintasi kendaraan.

Pantauan lainnya, sejumlah ruas jalan di selatan Kabupaten Bogor juga terjadi akibat drainase yang buruk. Drainase tersumbat sampah sehingga air meluap ke jalan. (wan)