Hallobogor.com, Bogor – Guna menciptakan lingkungan bersih dan sehat serta mendukung Kota Bogor menyabet Piala Adipura, Kecamatan Bogor Selatan,menggeber Jumat Bersih (Jumsih). Jumsih ini salah satunya difokuskan di sepanjang Jalan Pahlawan yang diikuti aparatur pemerintahan, Jum’at (20/1/2017). Aksi Jumsih ini diikuti Camat, Kapolsek, Danramil, dan 16 Lurah.

Menurut Camat Bogor Selatan, Sujatmiko Baliarto, kepedulian terhadap lingkungan harus tumbuh dari masyarakatnya sendiri. “Seperti yang kita lihat, banyak sampah di saluran drainase, rumput yang tumbuh tidak terkontrol. Ini akibat masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Selain kepada masyarakat, kata Sujatmiko, pihaknya juga menyosialisasikan kepada para pelaku usaha supaya membuat pot tanaman bunga dalam rangka green city, “green and clean” bersih dan hijau.

Lebih lanjut dikatakannya, aksi bersih-bersih juga dilandasi dengan semangat dua istilah kegiatan. “Pertama menggerakkan aparatur wilayah untuk bersih-bersih di wilayahnya masing-masing seperti yang hari ini dilaksanakan atau gerakan Jumat Bersih, kemudian kedua menggerakkan masyarakat dan partisipasi masyarakat atau gerskan Minggu Bersih (Mingsih),” ungkapnya.

Di lokasi yang sama Danramil Kecamatan Bogor Selatan Letnan Inf. Suharja, mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Camat Bogor Selatan ini. “Sangat luar biasa semangatnya. Kami sendiri menerjunkan 17 personel antara lain 15 Babinsa dan saya Danramil. Harapan ke depannya semoga apa yang dicanangkan Camat ini dapat berjalan dengan baik, sukses, dan lebih maju termasuk semua kelurahan. Camat sendiri menekankan kepada para Lurah untuk mengadakan bak sampah, Jum’at berkah, Jum’at keliling yang intinya untuk Kecamatan Bogor Selatan selalu sukses dan lancar,” paparnya.

Sementara Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Irwandi, menambahkan, program camat ini perlu didukung dan selalu bersinergis dalam berbagai kegiatan di Kecamatan Bogor Selatan. “Contohnya pada hari ini kita mengadakan kerja bakti di selanjang Jalan Pahlawan, dari Polsek sendiri kami menurunkan 25 personel. Setiap Jumat Keliling kami juga selalu berdampingan berkeliling ke masjid-masjid di wilayah Kecamatan Bogor Selatan. Pada intinya segala program di Kecamatan Bogor Selatan ini kami dari pihak Polsek selalu mendukung,” tukasnya. (dns)