Hallobogor.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata menggali potensi para anak muda terutama mahasiswa untuk mengembangkan pariwisata di berbagai daerah agar semakin maju.

“Kami punya program untuk kampus namanya Goes To Campus. Sengaja memilih kampus karena kita tahu anak-anak muda punya potensi. Kami ingin mengajak mahasiswa di depan untuk kembangkan pariwisata,” kata Asdep Pengembangan SDM Pariwisata Kementerian Pariwisata Wisnu Bawa Tarunajaya dalam acara Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes To Campus di Universitas Pancasila Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Selain itu juga tentunya kami juga mengajak masyarakat dan juga industri pariwisata untuk mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada diberbagai daerah.

Wisnu mengatakan mahasiswa diajak program pendampingan pengembangan desa wisata yang melakukan kerja sama 28 Februari 2019. “Kita gandeng Universitas, Perguruan Tinggi Pariwisata dan Kemendes bersama untuk mengembangkan pariwisata,” katanya.

Nantinya ada perjanjian kerjanya dengan memberdayakan mahasiswa dengan menggunakan anggaran masing-masing. Jadi kami siapakan SDM-nya dan Kemendes bisa mendukung fasilitasnya dan Perguruan Tinggi dengan programnya.

Wisnu juga mengatakan desa wisata yang dipilih sesuai dengan perguruan tinggi yang punya desa binaan untuk dikembangkan dan kita buat petannya baik itu punya Kemendes.

“Selama ini, kita memberikan pelatihan kompetensi di desa ‘homestay’ setelah pelatihan diserahkan pada Pokdarwis yang di desa kita memantau dari monitoring yang kurang intens,” katanya.

Untuk itu timbullah program pendampingan yang dilakukan terus menerus selama beberapa bulan sehingga apa yang dilatih bisa diterapkan dengan baik. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fer)