Hallobogor.com, Caringin – Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, adalah desa wisata yang kaya akan potensi wisata alam maupun seni budayanya.

Pembangunan Desa Pancawati sejak beberapa puluh tahun lalu cukup berkembang pesat, khususnya di sektor pariwisata. Hal ini ditandai dengan tumbuh suburnya bangunan vila, hotel, resort, dan restoran. Bahkan Pancawati merupakan pusat outbound terbesar di Kabupaten Bogor.

Hanya, sangat disayangkan kepedulian para pengusaha di Pancawati masih terbilang rendah. Setidaknya hal ini ditandai dengan minimnya partisipasi pengusaha maupun kehadirannya dalam menyukseskan acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah.

“Padahal begitu banyaknya yatim dan piatu serta jompo di Pancawati yang membutuhkan uluran tangan. Hanya beberapa orang pengusaha saja yang hadir dan peduli. Dalam acara peringatan Muharaman ini, kami memberikan santunan 1.019 anak yatim dan jompo,” tegasnya.

Sekretaris Camat, Minarso, mengatakan hal serupa. “Kami berharap para pengusaha bisa lebih harmonis dengan masyarakat, Pemerintah Desa dan Muspika. Masyarakat Caringin cukup agamis, dan saya berharap Pancawati jadi pionir penegakan syariat Islam,” katanya.(cep)