Hallobogor.com, Bogor – Pada Acara Syukuran atau lebih dikenal dengan istilah Walimatussafar, Ketua DPD KNPI Kota Bogor Hasbulloh, SE.,MA.Ek mengamanatkan kegiatan KNPI Kepada Seluruh Pengurus Harian Maupun OKP.

“Terkait dengan memeriahkan atau mengisi HUT RI yang ke-71 pada tahun 2016 ini kami DPD KNPI Kota Bogor tentunya berharap bahwa hal-hal yang mampu membangkitkan nasionalisme kita serta daya saing bangsa itu harus kita tingkatkan,” kata Hasbulloh beberapa hari sebelum keberangkatannya ke tanah suci.

KNPI mendorong melalui generasi muda melalui organisasi- organisasi kepemudaan yang ada untuk terus menggerakan roda organisasi dengan cara melakukan aktifitas positif baik itu kaderisasi atau kegiatan-kegiatan sosial dan peningkatan daya saing pemuda. Karena DPD KNPI yakin bahwa daya saing yang kuat kemudian nasionalisme yang tinggi  serta menumbuhkan kearifan-kearifan lokal yang dimiliki oleh jati diri bangsa ini akan menjadikan negara yang kuat.

“Saya selaku ketua DPD KNPI Kota Bogor meyakini bahwa Indonesia selama sepuluh tahun kedepan itu mempunyai yang namanya bonus demografi, bonus demografi itu ialah orang-orang usia produktifnya lebih banyak dari pada orang-orang yang usianya tidak produktif, dengan usia produktifnya lebih banyak maka akan meningkatkan kemampuan bangsa ini untuk bersaing di tengah-tengah masyarakat global. Namun juga kita harus berhati-hati terhadap ancaman dan tantangan yang ada di hadapan kita, tantangan yang pertama adalah generasi muda akan berusaha di alihkan perhatian mereka ke hal-hal yang negatif, misalnya bahaya narkoba, yang akan merusak masa cemerlangnya dia, karena narkoba sekarang ini sangat mudah di akses, sehingga kalau sudah mewabah ini akan merusak generasi muda.” lanjutnya.

Ancaman selanjutnya menurut Hasbulloh adalah disintegrasi bangsa  melalui anak muda contohnya tawuran antar sekolah, antar pemuda atau antar kampung. Ini harus diantisipasi agar pihak-pihak yang memang tidak ingin bangsa ini maju merasa menang.

“Untuk itu, generasi muda harus menghindari potensi konflik yang ada dan harus memperkuat persatuan dan kesatuan melalui program yang dijalankan, ada juga ancaman pembodohan yang dalam hal ini banyak hal yang seharusnya bisa di teliti terlebih dahulu, bisa dikritisi terlebih dahulu, tapi banyak isu-isu yang di telan mentah-mentah oleh pemuda bahkan masyarakat dan ini harus kita antisipasi karena ini bagian dari mengisi kemerdekaan Republik Indonesia,” papar Hasbulloh.

DPD KNPI Kota Bogor selama tiga bulan ke depan akan menggelar berbagai macam program yang semuanya berkaitan dengan organisasi dan kepemudaan.

“Nanti kita akan tingkatkan peran-peran pemuda dalam pembangunan terutama di Kota Bogor, kaitan dengan rencana keberangkatan Ketua KNPI ke Tanah Suci, DPD KNPI Kota Bogor tentunya kepada masing-masing pengurus di DPD KNPI sudah memiliki programnya masing-masing sehingga sistem tetap berjalan sesuai dengan apa yang memang mereka programkan, seperti kemarin kita mengadakan rapat pengurus harian untuk memastikan bahwa keberangkatan saya ke Tanah Suci semua program sudah di siapkan oleh masing-masing pengurus, tentunya program apa saja yang terdekat yang dimiliki saya kira masing-masing komisi akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat program apa yang akan mereka gulirkan selama beberapa bulan terakhir dan saya akan mendukung penuh dan saya berharap semua berjalan baik dan lancar,” imbuhnya. (dns)