Hallobogor.com, Jakarta – Selain hidangan bergizi seimbang, beraktivitas rutin, kesehatan mulut termasuk gigi dan gusi sebaiknya juga tak Anda abaikan.

Gigi dan gusi yang tak sehat bisa menyebabkan Anda terkena sederet masalah mulai dari sariawan, mulut kering hingga peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

“Beruntungnya, menjaga kebersihan mulut bukan hal sulit. Sedikit ketekunan, kesadaran sebenarnya cukup demi menjaaga rongga mulut Anda tetap sehat,” kata Dr Sageer Azaz, dari HOD – Dental, Paras Hospital, Gurgaon, India seperti dilansir Indian Express, Minggu (5/5/2019).



Berikut tips menjaga kesehatan mulut menurut Azaz :

1. Selain rutin menyikat gigi pada pagi dan malam hari, lakukan flossing menggunakan benang gigi dan obat kumur jika diperlukan. Flossing bisa menghilangkan plak gigi.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang dan membusuk.

3. Berkumur secara teratur dengan air garam juga membantu penumpukan bakteri baik dalam mulut.

4. Bagi mereka yang memiliki gigi tiruan / palsu, sebaiknya berkunjunglah rutin ke dokter gigi.

5. Hindari alkohol dan produk tembakau karena akan mempengaruhi komposisi dan penampilan gigi dan gusi Anda.

6. Bagi penyandang diabetes, lakukan upaya ekstra agar penyakitnya tetap terkontrol sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit gusi dan gigi.

7. Bagi yang memiliki mulut kering, minum banyak air, kunyah permen karet tanpa gula, dan hindari produk tembakau dan alkohol.

8. Perhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi karena obat-obatan tertentu memengaruhi komposisi mulut.

9. Ikuti diet tepat, yakni menyertakan makanan mengandung kalsium dan sayuran. Menu yang terbaik, menghindari gula, karena bisa merusak lapisan enamel dan menyebabkan kerusakan gigi.

10. Berkonsultasilah pada dokter gigi, jika Anda merasa mulut Anda tiba-tiba bau atau merasa ada yang berubah saat mencicip. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (lws)