Konsultasi Hukum, bersama : Joko Mulyono SH MH

PERTANYAAN :
Saya menyewa sebuah kios yang saya gunakan untuk usaha fotocopy dan jualan ATK, kios yang saya sewa beberapa waktu yang lalu ikut terbakar akibat kebakaran yang apinya merembet dari kios lain, risiko atas kios yang saya sewa ini menjadi beban siapa dan bagaimana jalan keluarnya? (Firmansyah)

JAWABAN :
Pembebanan risiko terhadap obyek sewa didasarkan terjadinya suatu peristiwa diluar dari kesalahan para pihak yang menyebabkan tingkat musnahnya barang yang menjadi obyek perjajian sewa-menyewa dapat dibagi menjadi dua macam.

Jika barang yang menjadi oyek perjanjian sewa-menyewa musnah maka perjanjian tersebut gugur demi hukum. Pengertian musnah disini berarti barang yang menjadi obyek perjanjian sewa-menyewa tidak lagi bisa digunakan sebagai mana mestinya, meskipun terdaat sisa atau bagian kecil dari barang tersebut masih ada.

Jika barang yang menjadi obyek perjanjian sewa-menyewa disebut hanya musnah sebagian apabila barang tersebut masih dapat di gunakan dan dinikmati kegunaanya walaupun bagian dari barang tersebut telah musnah. Penyewa mempunyai pilihan, yaitu : Meneruskan perjanjian sewa-menyewa dengan meminta pengurangan harga sewa, atau meminta pembatalan perjanjian sewa-menyewa. Demikian semoga bermanfaat.

Joko Mulyono, S.H., M.H., Advokat & Konsultan Hukum di Kantor Advokat & Konsultan Hukum Arwin Siregar & Associates, untuk berkomunikasi, hub sms/wa : 0811854927