Hallobogor.com, Bogor – Perkembangan teknologi informasi membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia baik positif maupun negatif dari cara berpikir, cara bersosialisasi, cara bersikap dalam keseharian termasuk bagaimana dalam menyikapi perkembangan informasi itu sendiri.

“Dampak positif tentunya sangat diharapkan dan akan membawa manfaat bagi kita semua. Tapi ada dampak negatif yang sangat mengancam kehidupan manusia baik sebagai individu, dalam bermasyarakat maupun bernegara, khususnya penggunaan teknologi informasi dalam media sosial,” kata Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Czi Aji Sujiwo.

Menurutnya, tak jarang media sosial yang seharusnya digunakan sebagai perekat manusia malah digunakan utk meretakkan hubungan manusia satu sama lain. Hal ini karena adanya oknum yang sengaja maupun tidak sengaja, menciptakan dan menyebarkan informasi atau berita bohong alias hoax.



“Bagi kalangan masyarakat yang rentan dalam pendirian dan mudah terpengaruh, akan mudah percaya terhadap hoax dan bahkan ikut menyebarkannya. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi masyarakat untuk timbul rasa benci terhadap sesuatu tanpa dasar. Akibatnya muncul potensi perpecahan dan konflik,” imbuhnya.

Menyikapi dampak negatif hoax, Kodim 0606/Kota Bogor mengajak para awak media, khususnya media online, untuk menyatakan Deklarasi Anti Hoax di Makodim 0606/Kota Bogor, pada Kamis (14/2/2019).

Deklarasi ini, sambung Dandim 0606/Kota Bogor, diharapkan dapat mendorong awak media untuk menjadi ujung tombak penyebaran berita dan informasi yang benar ke masyarakat. Serta mengawasi dan mencegah penyebaran hoax di kalangan masyarakat. Juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyebaran hoax.

Deklarasi ini sejalan dengan kebijakan Danrem 061/Sk, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, S.IP yang menyatakan perang terhadap hoax. Dengan harapan agar tercipta kenyamanan di tengah-tengah masyarakat.

“Kita harus menyajikan berita dan informasi yang benar kepada masyarakat. Agar potensi konflik dan perpecahan akibat hoax dapat dicegah sedini mungkin,” imbuhnya. (dns)