Hallobogor.com, Puncak – Komando Distrik Militer 0621/Kabupaten Bogor sukses merampungkan perbaikan 731 unit rumah tidak layak huni (RTLH) se-Kabupaten Bogor. Ratusan RTLH ini tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor.

Belum lama ini, Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf. Fransisco melakukan serah terima perbaikan RTLH kepada masing-masing penerima manfaat, yakni ke warga Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua dan ke warga Desa Sukamanah Kecamatan Megamendung. Acara berlangsung di Kampung Neglasari, Desa Tugu Utara kecamatan Cisarua. 

Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf. Fransisco, mengatakan, perbaikan 731 unit RTLH ini merupakan program tahun 2017. “Jika melihat dari nominal bantuan yang hanya Rp13 juta per unit maka tidak akan cukup. Akan tetapi berkat adanya swadaya masyarakat yang membantu akhirnya bisa selesai. Masyarakat Cukup antusias membantu, sehingga program ini berjalan lancar,” ungkapnya.



Kepala Desa Sukamanah, Ismail, mengucapkan terima kasih kepada Kodim yang telah ikut peduli memberikan bantuan kepada masyarakat miskin untuk memperbaiki rumahnya agar tidak lagi kumuh. “Desa Sukamanah mendapat 18 unit bantuan, mudah-mudahan ke depannya bisa menerima lebih banyak,” harapnya.

Salah seorang warga DesaTugu Utara Kecamatan Cisarua penerima manfaat, Adnan, juga menghaturkan terimakasihnya telah dibantu memperbaiki rumahnya. “Kalau tidak dibetulkan rumah saya bisa roboh, saya sangat bersyukur dapat program ini,” ujarnya.

Terpisah, Mak Cicih, nenek 70 tahun, warga Kampung Tegal Panjang RT 01/04 Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua juga bisa bernafas lega. Rumahnya yang ambruk kini bisa diperbaiki berkat kerja sama warga sekitar beserta Forum Puncak Ngahiji yang berhasil mengumpulkan dana dari para donatur untuk membantu pembangunan rumah Mak Icih.

“Saya haturkan banyak terima kasih atas bantuan Bapak-bapak dan saudara-saudaranya semuanya, semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang tak terhingga,” ucap Mak Icih.

Yusup selaku Ketua RT 01/04 Kampung Tegal Panjang turut mengapresiasi para relawan Forum Puncak Ngahiji dan para donatur yang sejauh ini sudah membantu hingga terlaksananya pembangunan rumah Mak Cicih ini.

“Semoga Mak Cicih bisa tinggal lagi di tempat yang layak, dan apa yang sudah disumbangkan oleh donatur dan Forum Puncak Ngahiji, baik pikiran, tenaga, dan materinya mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT,” ungkapnya.

Camat Cisarua, Bayu Rahmawanto, mengakui Mak Icih tidak mendapatkan  bantuan program RTLH. Meski demikian dirinya sangat mengapresiasi dengan pergerakan Forum Puncak Ngahiji yang gotong royong melaksanakan perbaikan rumah Mak Icih.

“Program RTLH untuk Kecamatan Cisarua berdasarkan database selesai pada tahun 2016, dan  program itu  tetap kami laksanakan. Sementara untuk anggaran dari pemerintah mengenai RTLH ini sudah diketahui bersama kira- kira itu bisa mencukupi gak? tidak cukup maka untuk mencukupinya dengan cara gotong royong sesama warga seperti ini yang dilakukan Forum Puncak Ngahiji,” ujarnya.

Sekedar diketahui, dana yang terkumpul dari para donatur untuk perbaikan rumah Mak Icih yang digagas Forum Puncak Ngahiji sebesar Rp12.300.000. (wan)