Hallobogor.com, Bogor – Pengerjaan koneksi pipa eksisting diameter 700×600 mm di Jalan Jalak Harupat dekat Rumah Dinas Walikota Bogor pada Selasa malam (08/12) kemarin selesai sesuai rencana. Pasokan air PAM PDAM pun kembali pulih.

Pemasangan well on dan valve diameter 700 mm pada Pipa Steel 700 mm tuntas dikerjakan pada pukul 23:15 WIB. Valve di Reservoir Pajajaran pun dibuka kembali 15 menit kemudian.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, meski area pengerjaan sempat diguyur hujan, pemasangan valve 700 tetap berjalan lancar. Para pekerja yang disuvervisi Kepala Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Asep Supriyatna memasang valve seberat 800 Kg itu dengan menggunakan tripod khusus. Para Direksi PDAM turut memantau langsung pekerjaan ini.

Setelah dinyatakan cukup dan memenuhi standar, petugas akhirnya membuka valve di Reservoir Pajajaran pada pukul 23:30. Meski demikian, pasokan air minum ke pelanggan belum benar-benar normal, karena petugas masih harus melakukan pemulihan jaringan untuk membuang udara yang terjebak di dalam pipa.

“Perlu beberapa waktu untuk melakukan recovery pengaliran, karena udara yang terjebak di dalam pipa akan menghambat pasokan air ke pelanggan. Alhamdulillah pemulihan jaringan berlangsung cepat. Kami cek hydrant pemadam kebakaran di beberapa lokasi di zona IV pada pukul 02:00, air yang keluar sudah bulat. Berarti sudah bagus,”terang Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor H. Deni Surya Senjaya, Rabu (9/12).

Petugas Bagian Transmisi dan Distribusi (Trandis) PDAM Kota Bogor membuka hydrant pemadam kebakaran di sejumlah titik. Di antaranya depan Markas Damkar Yasmin, Jalan Majapahit samping Yogya Jalan Baru, Jalan Dadali Tanahsareal, Perum Tamansari Persada, traffic light Jalan Pandu, serta Jalan Bangbarung Raya.

“Air di hydrant damkar itu sudah keluar pukul 02:00. Berarti pasokan air ke pelanggan mulai pulih. Tapi akan kita pantau terus sampai Rabu siang (9/12), karena masih ada aliran ke Indraprasta 1 dan 2 yang belum normal. Petugas sedang membuang udara dan mengatur PRV. Mudah-mudahan malam ini normal,” jelas Deni. (dan)