Hallobogor.com, Cigombong – Main kontraktor megaproyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), PT Posco, diontrog warga Kampung Citugu, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Selasa (8/3/2016). Warga merasa geram karena PT Posco dinilai mengingkari janjinya untuk memperbaiki jalan warga yang rusak akibat aktivitas pekerjaan proyek.

Puluhan orang perwakilan warga itu sempat memblokade akses jalan dan menghentikan pekerjaan PT Posco dan rekanannya. Namun aksi warga dapat diredam oleh aparatur pemerintah setempat dan dilakukan mediasi.

Dalam pertemuan, warga menuntut agar PT Posco segera memperbaiki jalan yang rusak sesuai dengan janjinya. Jika janji PT Posco tidak juga ditepati, warga mengancam akan melakukan aksi yang sama dengan jumlah massa yang lebih besar.

“Kami akan melakukan aksi yang lebih besar lagi jika PT Posco tidak menepati janjinya untuk memperbaiki jalan kami yang rusak. Padahal jalan itu hanya 400 meter kali tiga meter, volume yang sangat kecil untuk sebuah perusahaan besar seperti PT Posco. Wajar saja kami bertindak karena jalan itu milik warga,” ujar Rosanto, perwakilan warga setempat di lokasi, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Sementara itu, pelaksana lapangan PT Posco, Jay, mengaku akan selalu berkoordinasi dengan warga. PT Posco juga berjanji akan menepati komitmennya memperbaiki jalan warga. “Secepatnya kami akan beton jalan yang diminta warga. Sekitar bulan ini jalan akan diperbaiki. Kualitas jalan akan kita sesuaikan dengan yang sudah ada dan kita samakan untuk jalur truk proyek maupun jalur kendaraan biasa,” tandasnya.

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan warga Bojong Koneng, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin. Warga mengamuk dan melakukan unjukrasa ke Kantor Kecamatan Caringin lantaran akses jalan milik warga rusak berat dilalui kendaraan berat milik PT Posco yang sedang membangun jalan tol Bocimi. (cep).