Hallobogor.com, Bogor – Koperasi Perumahan Umum Nasional Syariah (Koperumnas) sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-1 di Hotel Acacia, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). RAT kali ini dikhususkan untuk anggota Koperumnas di lokasi perumahan Singasari Residence, Jonggol, Kabupaten Bogor, karena masa keanggotaannya sudah mencapai satu tahun.

RAT Koperumnas I ini dihadiri oleh Deputy Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Ir. Luhur Pradjanto, MM., Ketua Umum Koperumnas M. Aris Suwirya, General Manager Koperumnas Diah Kusuma Putri Muda, jajaran Badan Pengawas, dan para peninjau. Sedangkan anggota Koperumnas Jonggol yang berjumlah ribuan diwakili oleh masing-masing Koordinator Anggota (Korta) sesuai dengan surat delegasi. Hadir pula para agen marketing, agen cabang, dan perwakilan lokasi Koperumnas lainnya.

Dalam kesempatan sambutan, Luhur Pradjanto sangat mengapresiasi kehadiran Koperumnas sebagai satu-satunya koperasi syariah yang mengkhususkan usahanya menjual produk rumah dan khusus kepada anggotanya serta sasarannya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Saran saya, Koperumnas segera mendaftarkan NIK (Nomor Induk Koperasi) serta membenahi kepengurusan dan pengelolaannya,” katanya.

Dalam acara RAT itu sendiri, Koperumnas melakukan penyempurnaan beberapa hal. Antara lain laporan pertanggungjawaban pengurus, memperbaiki AD/ART, menata ulang Badan Pengurus, penjelasan progress pembangunan lokasi perumahan, dan pelaporan keuangan. Selain itu, menargetkan sejumlah program seperti pembentukan Badan Pengawas dengan melibatkan MUI, menyelesaikan pembangunan perumahan, serta menyempurnakan visi misi dan legalitas Koperumnas.

Sementara itu, Ketua Umum Koperumnas M. Aris Suwirya, mengatakan, sejauh ini belum ada koperasi yang menyerupai Koperumnas. “Visi Koperumnas adalah ‘jauhi riba perbanyak sodaqoh’. Sedangkan misinya, Koperumnas bukan sekadar developer syariah, tapi gabungan konsep Desko, yaitu sebagai developer, e-commerce dalam marketingnya, mengedepankan akhlak syariah dalam pengelolaan dan transaksinya serta sebagai koperasi syariah yang menghimpun modal kerjanya dari seluruh anggota dan tidak menggunakan uang bank,” ujarnya.

M. Aris Suwirya menegaskan bahwa pihaknya akan terus berusaha menjaga komitmen visi misi Koperumnas. “Jujur saja sudah banyak investor yang menawarkan kerja sama sampai nilainya puluhan miliar, tapi saya tolak ketika tahu asal usul uangnya masih mengandung riba. Koperumnas ingin menyapu lantai dengan sapu yang bersih. Selain itu, bukan hal yang tidak mungkin Koperumnas membuat bank syariah sendiri untuk kemajuan anggotanya. Bayangkan saja, jumlah transaksi per lokasi kalau anggotanya 1.000 dikali 1 juta maka perputarannya Rp1 miliar per bulan. Saat ini Koperumnas punya 14 lokasi se-Indonesia dan sudah antre pemilik tanah yang sholeh siap dibayar tanahnya dengan cara dicicil untuk Koperumnas,” bebernya.

Sekadar informasi, Badan Pengurus Koperumnas periode 2019 adalah sebagai berikut:

Ketua umum : M. Aris Suwirya, SE
Sekretaris : DK Putri Muda
Bendahara : Hisyam, SH
Pengawas : Dodi Marsudiyono Latifah

Pengacara : Bangun Tuannahodaraja Simbolon, SH
Media dan Komunikasi : Acep Mulyana
IT/Komputer : Novan Bagus Haryanto

All Staff Koperumnas
Manager marketing : Endah Rosmawati
Wakil Manager : Al Naurah
Manager HRD : Didik Prawoto
Manager Media dan Komunikasi : Acep Mulyana
Manager IT : Novan Bagus Haryanto
Manager Perizinan : Eka Nugraha
(cep)