Hallobogor.com, Cisarua – Koramil 2124 yang meliputi Kecamatan Cisarua dan Megamendung rutin melakukan penghijauan di lahan-lahan kritis. Seperti di hulu sungai Ciliwung, kawasan Gunung Mas, dan di lereng hutan Gunung Pangrango. Aksi tanam pohon juga dilakukan di Mandalawangi, Gunung Mas, dalam rangka hari juang kartika.

Dalam penghijauan itu, selain seluruh anggota Koramil 2124 yang hadir, pihak Gunung Mas dan masyarakat yang ada di sekitarnya terjun ke lokasi melakukan penanaman berbagai jenis pohon keras.

“Kegiatan kami berkaitan dengan hari juang kartika. Adapun pohon yang ditanam oleh anggota kami dan masyarakat, berbagai jenis pohon keras. Pohon keras sangat bagus untuk resapan air hujan, dan nantinya akan berfungsi sebagai penjaga  longsor,” ujar Danramil 2124, Mayor Inf Robinson Munte, saat berada di lokasi penghijauan.

Terkait kegiatan yang dilakukan jajaran Koramil 2124, beberapa pengamat lingkungan menilai, kawasan Puncak memang terus perlu dijaga kelestariannya. Baik dengan penghijauan, maupun pencegahan terhadap para pelaku pembangunan yang terkadang merusak lingkungan.

“Langkah yang dilakukan Koramil 2124 cukup positi Untuk menjaga kelestarian wilayah Puncak, program penghijauan harus terus dilakukan,” ujar Sopian. (dang)