Hallobogor.com, Bogor – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor Dadang Danubrata meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bergerak cepat untuk menanggulangi bencana alam banjir dan longsor. Ia juga mendesak agar DPRD Kota Bogor segera mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanggulangan Bencana. 

“Saya juga sudah beberapa kali menekan fraksi saya untuk mendesak agar Perda mengenai bencana segera terbit dan ditetapkan. Jadi, ketika ada bencana dadakan seperti saat ini, ada anggaran yang dapat dipergunakan secara cepat untuk menanggulangi bencana,” katanya di sela meninjau salah satu rumah warga yang tergerus arus Sungai Ciliwung di Kampung Babakan Peundeuy RT 06/12, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur.

Dadang juga mengaku, sebelumnya telah melakukan komunikasi dengan Anggota Komisi VIII DPR RI yakni Diah Pitaloka bahwa, banyak anggaran atau dana dari Kementerian Sosial untuk diturunkan ke wilayah salah satunya Kota Bogor. Namun, dari Pemkot Bogor sendiri tidak ada permintaan untuk penanggulangan bencana tersebut.

“Nah ini yang harus dipertanyakan, kenapa? Apa mungkin Pemkot Bogor belum berani mengambil anggaran tersebut karena belum memiliki payung hukumnya, sehingga tidak berani menggunakan anggaran itu. Padahal, ini menyangkut masalah hajat hidup orang banyak dan Kota Bogor juga sangat rentan dengan bencana alam seperti longsor, banjir dan sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kunjungan Dadang menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang menimpa warga di lokasi tersebut dan memberikan bantuan terhadap keluarga korban.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan dipergunakan untuk kebutuhan keluarga maupun hal-hal yang penting lainnya,” ucap Dadang. (dns)