Hallobogor.com, Bogor – Kota Bogor sebagai perwakilan Jabar V menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bandung Karate Club (BKC) tahun 2016. Pembukaan Kejurnas BKC dilangsungkan di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (21/12/2016).

Pada kesempatan ini hadir Wakil Wsli Kota Bogor Usmar Hariman, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Ketua Penyelenggara Zaenul Mutakin, dan hadir pula mewakili PB FORKI Mayjen TNI (purn) Lumban Sianipar.

Wali Kota Bogor dalam sambutannya yang dibacakan Usmar Hariman, mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari seluruh Indonesia. Wali Kota berharap seluruh peserta dapat meraih prestasi terbaik yang tentunya akan menjadi sebuah cacatan sejarah penting di dalam perjalanan atlet karate.

“Kami juga mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran panitia dan pengurus Bandung Karate Club yang telah mampu bersikap konsisten untuk terus menyelenggarakan kejuaraan nasional karate ini secara berkelanjutan,” katanya.

Sebagaimana kita ketahui, pertama kali Kejurnas Bhakti Karsa Citra ini digelar pada tahun 1975 di Tasikmalaya. Sejak itu kejuaraan ini terus digelar di berbagai Kota dan menjadi salah satu event yang sangat berarti dalam mendukung perkembangan olahraga beladiri karate di Indonesia.

Satu nilai terpenting dari penyelenggaraan kejuaraan nasional ini adalah kontribusinya yang besar terhadap perkembangan olahraga bela diri karate di Indonesia. Sebab dari kejuaraan ini telah lahir begitu banyak karateka yang selanjutnya mampu tumbuh dan berkembang menjadi para guru dan para pelatih karate handal. 

Dari tangan-tangan mereka pula dan atas dasar dedikasi, kesadaran, keinginan serta semangat mereka BKC khususnya bisa berkembang dan tetap eksis sampai dengan saat ini. Dari tangan-tangan mereka pula tentunya telah banyak lahir atlet karate yang telah mampu mencatatkan prestasi terbaik dan telah mampu mengharumkan nama Indonesia di panggung-  panggung kejuaraan karate tingkat regional Asia Tenggara,  Asia maupun dunia. 

“Kepada para atlet yang bertanding di Kejurnas BKC tahun 2016 dan kepada para wasit yang akan memimpin seluruh pertandingan, saya turut berharap agar masing-masing mampu mewujudkan semangat sportifitas dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam beladiri karate, sehingga kualitas kejuaraan ini tetap terjamin,” katanya. (dns)