Hallobogor.com, Kabupaten Bogor – Komando Trail Adventure (KOTRA) yang dilaksanakan untuk peringati HUT Batalyon 14 grup 1 Kopassus Kemang terbukti mampu memuaskan para crosser se-Tanah Air.

Nyali ribuan crosser diuji di jalur KOTRA pada Sabtu 17 Desember 2016. Jalur yang dirancang 100 persen bermedan tanah dengan melintasi area perkebunan Sawit seluas 180 hektar.

Menelusuri perkebunan sawit yang berbukit hingga memasuki rawa menjadi tantangan tersendiri para crosser. Hujan yang sempat mengguyur juga membuat petualangan KOTRA menambah keseruan crosser menjajal lokasi latihan prajurit Kopassus.

Nico Budisantoso, salah satu peserta, mengungkapkan, KOTRA merupakan petualangan terseru yang pernah dia coba. “Seru, ini track baru, kita belum tahu apa yang ada di depan lintasan, yang penting gas terus,” kata Nico.

Menurutnya, track rawa, dan tanjakan berhadiah menjadi lokasi tersulit yang ditempuh para crosser. Namun, dengan keyakinan dirinya mengaku mampu menaklukkan rintangan di lapangan.

Perlu digarisbawahi, jalur ini memiliki lintasan yang disebut into a war zone atau wilayah pertempuran. Kata Nico, kondisi medan yang dikemas layaknya sebuah medan pertempuran tersebut membakar adrenalin para peserta.

“Suara ledakan bom dan senjata menjadi pemecah konsentrasi, kadang kaget kalo mendengarnya, dan semakin memacu untuk menambah kecepatan,” papar Niko.

Ketua Panitia KOTRA, MH Ages mengungkapkan, dirinya melihat antusias peserta KOTRA saat ini berencana akan menyelenggarakan event serupa pada tahun-tahun berikutnya. “Dan saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Batalyon 14 Grup 1 Kopassus, semoga sukses selalu,” kata MH Ages. 

Sementara itu, Danyon 14 Grup 1 Kopassus, Mayor Inf. Budiman mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati HUT Batalyon 14 Grup 1 Kopassus ke-1.

Menurutnya, jalur tersebut memang diciptakan untuk petualang sejati. “Sesuai dengan tema into the war zone, crosser disuguhkan pada suasana perang, dan KOTRA akan menjadi agenda tahunan,” papar Danyon.

Selain KOTRA, dirinya juga mengatakan, Kopassus mengadakan kegiatan bakti sosial dan sunatan masal bagi warga sekitar. “Kami sampaikan bahwa kami aset bangsa, dukung kami, untuk kebersamaan dan pertahanan Indonesia,” kata Budiman. 

Pada akhir petualangan melepas lelah para crosser disambut dengan suguhan berbagai hiburan seperti pertunjukan musik, motor wash, dan pembagian hadiah menarik. Panitia menyiapkan satu unit Daihatsu Ayla, empat unit motor, dan puluhan barang elektronik serta ratusan hadiah menarik lainnya. (ris)