Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 411 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di enam kecamatan se-Kota Bogor mengikuti seleksi di kecamatan masing-masing. Seleksi tertulis dilaksanakan pada Jumat (3/11/2017) sedangkan tes wawancara pada Senin (6/11/2017).

Khusus di Kecamatan Bogor Timur dan Bogor Selatan, seleksi diawasi langsung oleh Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna dan Komisioner Divisi Hukum KPU Provinsi Jawa Barat Agus Rustandi.

“Jadi saya perwakilan dari KPU Jabar datang dalam rangka monitoring seleksi PPS. Kebetulan dapatnya di sini (Bogor). Seleksi ini serentak di Jawa Barat,” tutur Agus.



Agus mengatakan, soal ujian seleksi tertulis PPS dibuat oleh KPU Provinsi Jabar dan diserahkan langsung pada KPU Kota Bogor dalam keadaan masih tersegel.

“Soal masih disegel. Kami serahkan langsung sebelum pelaksanaan seleksi tertulis. Alhamdulillah, prosesnya lancar. Partisipasinya tinggi bahkan ada kecamatan yang melebihi kuota,” tambahnya.

Sementara Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Bogor, Samsudin, mengatakan, seleksi wawancara dilakukan terhadap 329 calon PPS yang tersaring. Tahap ini merupakan seleksi akhir bagi calon PPS untuk kemudian dikerucutkan menjadi 204 orang atau tiga orang per kelurahan.

“Sejauh pemantauan kami, proses pelaksanaan tes wawancara berjalan lancar, tertib dan sesuai harapan. Hasilnya akan diumumkan pada 8 November 2017 (hari ini, red),” tutur Samsudin.

Menurutnya, pihak kecamatan ataupun kelurahan dan jajaran sekretariat mendukung penuh dengan pelaksanaan seleksi tersebut.

“Alhamdulillah mereka mendukung penuh bahkan memperbolehkan aula atau ruangan di kecamatan dipergunakan untuk pelaksanaan tes wawancara,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan seleksi PPS, Ketua PPK  Kecamatan Bogor Selatan H. Habibi berharap PPS yang terpilih nanti akan mampu bersinergi dengan PPK dan KPU Kota Bogor dalam menyukseskan dan terselenggaranya Pemilu di Kota Bogor. Hasil seleksi wawancara, kata Habibi, sebanyak 48 orang PPS ini akan dibagi di 16 kelurahan di Bogor Selatan. (dns)