Hallobogor.com, Bogor – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mengembalikan berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Nasdem pada Senin (16/7/2018).

Pengembalian berkas tersebut karena ada kesalahan pengisian terwakilan perempuan di Daerah Pemilihan (Dapil) Timur-Tengah, sehingga terpaksa harus dijadwal ulang.

Komisioner KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, sesuai jadwal dari 16 partai politik (parpol) di Kota Bogor yang baru menyerahkan berkas Bacaleg baru dari Partai Nasdem. Namun, setelah diverifikasi berkasnya ada yang belum lengkap sehingga dituangkan dalam format B.1 BMS (Belum Memenuhi Syarat) karena komposisi perempuan.

“Di format B.1 BMS penempatan keterwakilan perempuan salah penempatan sehingga dikembalikan lagi,” ujar Samsudin.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Bogor, Ian Mulyana Jaya Supena, membenarkan bahwa dikembalikannya berkas pendaptaran Bacaleg dari Partai Nasdem karena ada kesalahan penempatan komposisi keterwakilan perempuan di Dapil Timur-Tengah. Seharusnya terwakili perempuan di tempat di nomor urut tujuh dan delapan. “Sehingga empat dapil lain belum bisa diperiksa,” katanya.

Ian menambahkan, sebetulnya bisa pada hari yang sama diperbaiki namun waktunya yang sudah mepet dan harus melalui sistem informasi pencalonan (Silon) sehingga diundur.

“Pendaftaran harus dijadwal ulang, apalagi ada keterwakilan perempuan di dapil Utara yang sudah pindah dan belum di-update lagi di silon,” bebernya.

“Nasdem menargetkan di Pileg 2019 bisa meraup satu kursi dari lima dapil di Kota Bogor, ” tukasnya. (dns)