Hallobogor.com, Bogor – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor telah menyerahkan hasil verifikasi atau penelitian administrasi kepada seluruh pengurus parpol sebagai peserta pemilu. Namun, hal ini belum final dan masih ada kesempatan bagi parpol untuk melakukan perbaikan dari tanggal 18 November hingga 1 Desember 2017. 

Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna, mengatakan, sesuai perintah KPU RI ada sebanyak 14 parpol yang diteliti. Sedangkan partai lainnya yang sedang menggugat ke Bawaslu, verifikasinya akan menyusul berikutnya setelah surat dari KPU RI diterbitkan.

Dijelaskannya, kode verifikasi parpol dibagi dalam dua kategori. Yakni, memenuhi syarat (MS) dan belum memenuhi syarat (BMS). “Bagi parpol yang BMS harus melengkapi atau memperbaiki minimal 1.000 anggota. Saya sendiri tidak bisa menyampaikan berapa parpol yang MS atau yang BMS, karena belum final, tapi cukup banyak yang MS,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor, Yustinus Eliyas Mau, menambahkan, penyerahan hasil verifikasi dilakukan agar parpol melengkapi data hingga mencapai target memenuhi syarat. “Apa yang disampaikan oleh Ketua KPU mau tidak mau harus dijalankan sesuai dengan Undang-Undang. Tidak bisa dihindari dan parpol harus mengikuti itu,” tegasnya. (dns)