Hallobogor.com, Bogor – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 470/703 – Disdukcapil tertanggal 6 Juni 2016 yang ditujukan kepada seluruh camat Kota Bogor.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, SE tersebut menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 471.13/5216/Dukcapil.Ses tertanggal 30 Mei 2016 tentang Proses Panunggalan Hasil Perekaman KTP-elektronik. Ada dua point yang disampaikan.

Point pertama menyebutkan, akan dilakukan penginstalan aplikasi dan jaringan pelayaan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Sedangkan point dua menerangkan, perapihan perangkat sarana pelayanan baik dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Sehubungan dengan kedua hal tersebut, maka untuk sementara tidak ada pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sampai dengan hari Jumat (10 Juni 2016) baik di kecamatan, Mall (BTM) maupun di Disdukcapil. Pelayanan dibuka kembali pada Senin (13 Juni 2016).

Tidak adanya pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sementara di kantor kecamatan dibenarkan oleh Camat Bogor Selatan, Usman TZ. Kata dia, hingga hari ini masih terjadi gangguan dari aspek teknis di luar kewenangan pihaknya. Pelayanan akan dibuka kembali pada Senin (13/6) mendatang.

“Di kecamatan sendiri hanya menyiapkan sarana dan prasarana. Sejak pelayanan dibuka dua hari warga yang akan membuat atau mengurus dokumen kependudukan sudah berbondong-bondong datang kesini. Mudah-mudahan hari Senin nanti pelayanan bisa normal dan terlaksana dengan sebaik-baiknya,” ungkap Usman, Rabu (8/6/2016).

Usman menjelaskan, di kecamatan pihaknya hanya melayani pengurusan dan perpanjang Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran. Sedangkan untuk administrasi kependudukan dan pencatatan sipil masih dilakukan di Kantor Disdukcapil. “Petugas dan perangkat perekaman KTP-el semua itu dari Disdukcapil,” tandas Usman. (hrs).