Hallobogor.com, Bogor – Kuliah tak harus berbiaya mahal. Asal ada kemauan dan serius, siapa saja, di mana saja, dan profesi apa saja bisa sampai wisuda dengan biaya yang sangat murah. 

Di Universitas Terbuka atau UT yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri, untuk mendapatkan gelar sarjana Strata 1 (S1) cukup mengeluarkan biaya Rp7 juta. Sedangkan S2 hanya Rp7,4 juta dikali 4 atau sekitar Rp30 jutaan saja. 

Demikian seperti disampaikan Ketua UT Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Wilayah Bogor, Budi Utoyo, di sela Muswil Ikatan Alumni UT Wilayah Bogor di Hotel Whiz Prime, Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Minggu (16/4/2017). 

“Biayanya murah. Rp7 juta untuk S1 itu sudah termasuk modul bahan ajar, biaya internet, biaya SKS, tutorial, dan biaya wisuda. Mahasiswa juga bisa belajar berbagai modul dan buku kuliah melalui perpustakaan virtual,” kata Budi Utoyo. 

Secara umum, sistem kuliah dan pembelajaran di UT tak berbeda dengan Perguruan Tinggi lain. “Hanya saja di UT lebih berbasis IT atau pembelajaran melalui sistem online. Jadi tidak menyita waktu dan mengganggu pekerjaan. Dan bagi kelompok belajar yang ingin ada pertemuan tutorial tatap muka, juga tetap bisa dilakukan,” ungkapnya. 

Dikatakannya, siapa saja boleh masuk UT asal punya ijazah SMA dan sederajat. “Transaksi pendaftaran juga melalui aplikasi online. Seminggu beres,” tegasnya. 

Menurut Budi, peminat calon mahasiswa UT cukup besar setiap tahunnya. “Pada semester kurus atau tak ada musim lulusan SMA/SMK dan sederajat bisa sampai 800 orang. Sedangkan pada musim semester gemuk mencapai 1.800 orang. UT punya semua program studi, hampir 40. Dan yang paling banyak dipilih adalah fakultas Fisip,” ungkapnya. 

Hanya saja disayangkan, masih banyak lulusan SMA dan sederajat yang lebih memilih kampus PT non-UT hanya karena faktor gengsi. Padahal biaya pendaftaran saja harus mengeluarkan biaya belasan hingga puluhan juta rupiah. (cep