Hallobogor.com, Jakarta – Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat menuju kampung halaman ketika musim mudik tiba.

Sebagian orang mungkin lebih senang mengandalkan agen wisata agar tidak perlu repot-repot mengurus sendiri, di sisi lain ada juga orang yang lebih suka mengerjakan semuanya sendirian.

Apa kelebihan dan kekurangan dari dua cara tersebut?



Mencari sendiri tiket pesawat dengan harga dan jadwal keberangkatan sesuai keinginan butuh usaha lebih besar. Anda harus mencari satu persatu dan membandingkan sendiri mana pilihan yang terbaik.

Jika tidak sreg dengan satu pilihan, Anda bisa langsung membuat pencarian baru demi mendapatkan hasil terbaik.

Sisi positifnya, semua serba fleksibel dengan jadwal Anda. Kapan pun ada waktu senggang, meski itu tengah malam atau pagi buta, Anda bisa melanjutkan proses “perburuan” tiket.

Soal harga, Anda punya keleluasaan untuk terus mencari mana yang sesuai isi dompet, apalagi bila berbagai promosi sedang bertebaran. Selain itu, hasil pencarian bisa langsung dilihat sendiri saat itu juga.

“Kalau lewat agen wisata memang butuh sedikit waktu untuk memberikan pilihan-pilihan maskapai penerbangan, terutama yang sedang promo,” kata Hendri Yapto, Chief Operating Officer Dwidayatour.

Jika tidak punya banyak waktu luang untuk berburu tiket mudik, atau malas mengulik sendiri promosi-promosi maskapai yang bertebaran di dunia maya, andalkan saja jasa dari agen-agen wisata.

Salah satu kelebihan dari agen wisata adalah adanya konsultan yang siap memberikan informasi yang diperlukan secara jelas.

Calon penumpang cukup memberikan jumlah tiket, tanggal keberangkatan dan rute yang diinginkan, lalu semuanya akan dicarikan oleh agen wisata.

Prosesnya bisa memakan waktu lebih lama ketimbang mencari sendiri, tapi calon penumpang tidak perlu repot-repot memutar otak dan membandingkan berbagai maskapai sekaligus.

“Travel consultant juga mengetahui dapat mencarikan alternatif tanggal lain yang memiliki kelas promo sehingga harga lebih rendah,” ujar dia.

Agen wisata juga kerap bekerjasama dengan berbagai bank yang menyediakan cashback juga fasilitas cicilan. Calon penumpang juga bisa menanyakan perihal di luar tiket pada konsultan, misalnya pemesanan hotel. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (nan)