Hallobogor.com, Bogor – Anggota Komisi VII DPR RI, Joko Purwanto, menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat dan pengusaha mengenai pentingnya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). 

“IPAL ini merupakan hal yang sangat mendasar dan penting dalam suatu proses produksi. Karena IPAL ini merupakan upaya penurunan beban pencemaran air dari usaha kegiatan usaha kecil, menengah, hingga usaha dalam skala besar,” papar Joko Purwanto di sela sosialisasi di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (09/05/18).

Manfaat IPAL ini bisa mengolah air limbah domestik maupun industri sehingga aliran air sungai yang dialiri tidak tercemar dan tidak menimbulkan beragam penyakit . Dengan pengelolaan IPAL yang baik, biota-biota yang ada di sungai tidak mati atau tercemari.

“Tak hanya itu, dengan pengelolaan IPAL yang baik bisa ada biogas yang bisa dimanfaatkan oleh rumah tangga di sekitar IPAL berada,” jelasnya.

Melihat betapa pentingnya peranan IPAL ini, pihaknya kini bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membangun satu lokasi IPAL limbah tahu di Kota Bogor. Dan tiga lokasi IPAL lainnya di Kabupaten Cianjur.

“Ini tentunya tak lepas dari peran serta Dirjen Pengendalian, Pencemaran, dan Kerusakan Lingkungan Direktorat Pencemaran Air  dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dan masyarakat penerima bantuan,” ujarnya.

Joko Purwanto mengharapkan, dengan pembangunan IPAL di masing-masing wilayah bisa bermanfaat untuk masyarakat, sehingga bisa hidup bersih dan sehat, terhindar dari dampak negatif limbah.

“Saya harapkan jika sudah dibangun IPAL tersebut bisa dijaga dan dimanfaatkan sesuai fungsinya,” pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi pengelolaan IPAL tersebut Perwakilan dari Direktorat Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup RI, Tulus Laksono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Elia Buntang, serta  masyarakat pengelola IPAL di Kota Bogor. 

Ninik kurniawati, peserta kegiatan sosialisasi IPAL dari Kelurahan Margajaya mengapresiasi program yang diinisiasi oleh Anggota DPR RI Dapil Kota Bogor-Cianjur tersebut. Karena, program IPAL ini betul-betul dibutuhkan masyarakat, terutama untuk pengendalian pencemaran lingkungan.

Joko Purwanto juga menyempatkan diri untuk meninjau program lain yang diinisiasi dengan pemerintah pusat yaitu penyediaan sumur bor bagi masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Ihya, Bogor Barat. 

Irfan Widia Rahmat selaku pengurus pesantren mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih, sumur bor yang sudah satu tahun ini masih terus  mengalir dan bermanfaat untuk masyarakat. (dns)