Hallobogor.com, Cisarua – Sampah di wilayah Puncak, merupakan hal yang perlu ditangani secara serius. Karena, setiap mata memandang di sudut sudut setiap desa, sampah menjadi pemandangan yang sangat mencolok mata. Hingga, kawasan Puncak layak dijadikan kawasan wisata sampah.

Untuk menanggulangi sampah, beberapa desa mulai melakukan kepedulian. Yang kini tengah fokus melakukan penanganan terhadap sampah, yaitu Desa Leuwimalang. Langkahnya, selain menyediakan bak bak tempat penampungan sampah, kader san staf pemerintahan desanya digerakkan untuk melakukan penanganan sampah dengan menjadualkan setiap hari Jumat melaksanakan pembersihan dilingkungan desa tersebut.

“Sampah kita sedang tangani secara serius. Seluruh staf desa dan para kader PKK, mereka melakukan gerak membersihkan sampah. Armada yang ada berupa motor gerobak sampah kini diberdayakan. Kita bertekad, Leuwimalang harus bersih dari sampah,” ujar Kepala Desa Leuwimalang, Yayan Nuriyana.



Selain sampah yang sedang ditangani, tempat tempat MCK juga tidak luput dari penanganan. Karena, ini diperlukan berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan bagi masyarakat. Sebanyak 4 lokasi di desa tersebut, kini sedang dibuatkan bak bak MCK.

“Lingkungan Leuwimalang, merupakan lingkungan yang padat penduduknya. Dengan demikian tempat tempat air umum sangat dibutuhkan. di kita, dengan memanfaatkan anggaran DD tahap dua, sebanyak 4 unit MCK kini sedang dibuatkan,” imbuh kades.

Sementara itu, untuk penanganan pisik pembangunan tersebut, pemerintah desa menugaskan kepada tim pelaksana kegiatan. (dang)