Hallobogor.com, Cisarua – Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, merealisasikan pembangunan di wilayahnya yang menggunakan Dana Desa. Penggunaan DD ini dipampang secara terbuka bahkan dalam bentuk banner raksasa berukuran 4 x 8 meter persegi di setiap sudut wilayah.

“Budaya keterbukaan harus dilaksanakan. Maka kami sudah informasikan kepada warga perihal kegiatan pembangunan tahun 2017 ini yang bersumber dari Dana Desa. Selain dilakukan musyawarah, kami juga sudah memasang banner di kantor desa dan di setiap titik lokasi kegiatan pembangunan. Dengan demikian, warga akan mengetahui kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Desa,” ujar Kades Leuwimalang, Yayan Nuriyana. 

Setelah keuangan DD tahap pertama diterima, kata Yayan, kini berdasarkan tahap pengerjaan diinformasikan agar diketahui oleh masyarakat. Hal ini diperlukan, supaya bantuan yang nilainya ratusan juta itu penggunaannya tidak disalahgunakan. 

Terpisah, Camat Cisarua, Bayu Rahmawanto mengatakan, untuk transparansi kepada masyarakat pihak kecamatan mengimbau kepada para Kepala Desa supaya membuat banner terkait kegiatan pembangunan yang menggunakan dana bantuan dari pemerintah.

“Dalam banner yang terpasang sudah berisi keterangan nama kegiatan pembangunan, sekaligus menuliskan nilai uang yang diterima oleh masing-masing Pemerintah Desa. Terlepas dipasang tidaknya banner, segala bentuk batuan desa harus dilaksanakan sesuai aturan,” tandasnya. (dang)