Hallobogor.com, Ciawi – Masyarakat Kampung Kubang RT 02/09 Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, akhirnya bisa bernafas lega. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai memperbaiki tebing longsor di kampung tersebut yang terjadi tiga tahun lalu.

Tebing longsor dengan tinggi 17 meter dan panjang 35 meter itu diperbaiki dengan cara dibeton berupa Tembok Penahan Tebing (TPT). Pekerjaan yang dibiayai APBD Kabupaten Bogor sekitar Rp1,1 miliar tersebut dilaksanakan oleh CV Saputra Zamur.

Pantauan Hallobogor.com dilokasi pekerjaan, sejumlah pekerja sudah melaksanakan kegiatan sejak 10 hari lalu. “Target pekerjaan selesai selama dua bulan. Mudah-mudahan bisa selesai kurang dari dua bulan,” kata Ma’ruf, mandor proyek.



Di lokasi yang sama, Ketua RW 09 Kampung Kubang, Endang Sukarya, mengapresiasi dan menyatakan terima kasihnya kepada Pemkab Bogor melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) dan UPT Teknik Pengairan dan Irigasi Wilayah Ciawi.

“Kami sudah lama mengajukan perbaikan longsor ini. Kalau terus dibiarkan akan berdampak buruk dan longsor akan semakin melebar. Apalagi sekarang musim kemarau, kalau hujan bisa bahaya.

Kami berterimakasih kepada semua pihak terutama kepada Pemkab Bogor,” ungkapnya sambil menunjukkan bagian dapur rumahnya yang telah tergerus longsor.(cep)