Hallobogor.com, Bogor – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa titik wilayah Kota Bogor, Selasa (06/09/2016) malam. Satu orang warga dinyatakan tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka dalam kejadian itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, serangkaian bencana longsor terjadi di wilayah Kota Bogor. Salah satunya terjadi di RT 04/05 Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, merenggut nyawa seorang pekerja bangunan asal Cirebon, Azhari (50).

Longsor itu diakibatkan pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) yang masih dalam proses pengerjaan tidak kuat menahan beban air dan jebol. Satu orang meninggal dunia dan dua orang lainnya luka berat dan luka ringan.



“Korban berhasil di evakuasi oleh tim gabungan dari BPBD, Tagana, Relawan unsur TNI/Polri sekitar pukul 03.50 WIB. Korban langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk diangani,” kata Ganjar.

Di titik lain di Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, longsor tebingan juga terjadi di Gang Ardio RT 01/06 yang mengancam dua rumah milik warga. Yakni Rumah Ishak yang dihuni 4 jiwa dan Rumah Yunus yang dihuni 5 jiwa.

Selain itu kata Ganjar, longsor terjadi di RT 03/13,┬áKelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, pembangunan tebingan yang baru pengerjaan dengan volume kurang lebih panjang 10 meter dan ketinggian 3 meter roboh. “Tak ada korban jiwa hanya Hingga menutupi saluran air dan 3┬árumah warga terendam,” sambungnya.

Data terakhir menyebutkan titik longsor tebingan terjadi di Bantarjati Kecamatan Bogor Utara, yang mengakibatkan tertutupnya saluran air ke wilayah RT 04/02 Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah dan merendam satu rumah warga milik Ali wijaya.

“Petugas kami sudah melakukan penanganan melalui tahapan diantaranya pengecekan lokasi, pemasangan terpal, distribusi natura dan himbauan, terus melakukan evakuasi sementara ke tempat aman,” tandas Ganjar.

Sementara itu ditempat terpisah Walikota Bogor Bima Arya menyampaikan dirinya akan mendatangi lokasi kejadian untuk memastikan penyebab pasti terjadinya serangkaian bencana longsor tersebut siang hari ini. (hrs).