Hallobogor.com, Cigombong – Bencana alam longsor melanda kawasan Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Longsor terjadi pada Jumat petang (5/2/2016) pukul 15.30 wib tepatnya di Kampung Sungapan, Desa Srogol.

“Longsor mengakibatkan jalan menuju Kampung Sungapan Desa Srogol dan Kampung Lengkong Desa Pasir Buncir terputus, tidak bisa dilewati baik orang maupun kendaraan karena tertimbun tanah lumpur longsoran sepanjang lebih kurang 20 meter dengan ketebalan lumpur 80 centimeter,” jelas Kapolsek Cigombong, Kompol Suhartono, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Kompol Suhartono mengungkapkan, berdasarkan peninjauan dan keterangan di lokasi, longsor diduga akibat tanah lumpur yang longsor dari proyek MNC Line yang sedang melaksanakan pemerataan tanah.

“Pada waktu kejadian terjadi hujan yang sangat deras. Kemungkinan karena hujan yang sangat deras mengakibatkan tanggul penahan tanah jebol sehingga mengakibatkan longsoran ke kali Cisrogol,” ujarnya.

Kendati tidak ada korban jiwa, namun mengakibatkan kerugian materil karena beberapa petak sawah milik warga yang baru ditanam padi terkikis lumpur longsoran.

“Kami juga sudah berkomunikasi dengan pihak General Manager MNC Line untuk mengangkat tanah lumpuran dengan menggunakan alat berat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Srogol, Hendra, pihak kecamatan dan tim TRC juga sudah bergerak melakukan penanganan longsor agar akses menuju dua kampung itu kembali lancar.(cep).