Hallobogor.com, Pamijahan – Penyebab longsor yang terjadi berkali kali di Kampung Muara, RT 2/RW 1 Desa Cibunian, Kecamatan pamijahan terjadi sejak Selasa (22/11) lalu, masyarakt setempat menduga ada kelalaian atas pengerjaan proyek PLTM oleh PT. JDG.

Menurut Wakil Ketua KNPI Kecamatan Pamijahan Imam Sunandar mengatajan, bahwa hasil investigasi yang di lakukan masyarakat dan Mahasiswa bencana longsor tersebut disebab oleh kelalaian perusahaan dalam pengerjaan proyek.

“Sebagai masyarakat, saya mendesak kepada pemerintah Kabupaten Bogor untuk ikut bertanggung jawab, karena adanya perusahaan PLTM disitu  atas pemerintah daerah, padahal daerah tersebut tidak layak di bangun. Karena struktur tanah nya labil, sehingga kami menyimpulkan adanya kongkalingkong antara pemerintah dengan perusahaan proyek tersebut dan lagi-lagi masyarakat yang tak berdosa harus jadi korban, ungkap Imam di Pamijahan, Minggu (29/11).

Selain itu masyarakat juga menutut perusahaan proyek PLTM untuk bertanggung jawab atas bencana tersebut. Maka dengan adanya bantuan dari mahasiswa, masyarakat berharap bisa melakukan investigasi lebih dalam. “Syukur-sykur ditemukan kebenaran. Akibat banyaknya prilaku pejabat yang kongkalingkong,” ucapnya.

Sementara itu, Ketu RW 01 Komad Hidayat yang mewakili warganya di Desa Cibunian, Kecamatan pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berharap, kegiatan mahasiswa tidak berhenti hanya sebatas bantuan, tetapi membantu menangani berbagai persoalan warga, karena hal itu merupakan bentuk kepedulian kepada sesama yang menderita, terutama daerahnya terkena bencana.

FMB yang di Kordinatori oleh Iskandar Dzulkarnain mengatakan, hal itu
merupakan bukti bahwa mahasiswa bisa saling peduli satu sama lain. Apalagi, secara nasional negeri ini mengalami banyak bencana. (doy/hlb)